BolaSkor.com - Sebuah misi nyaris mustahil pada leg kedua semifinal Copa del Rey 2020-2021 mampu diselesaikan dengan gemilang oleh Barcelona. Blaugrana akhirnya melaju ke final setelah melakukan comeback dramatis kontra Sevilla.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (4/3) dini hari WIB, Barcelona mengalahkan Sevilla dengan skor 3-0. Hasil itu diraih lewat perpanjangan waktu.

Barcelona yang takluk 0-2 di leg pertama butuh kemenangan dengan selisih tiga gol untuk melaju ke final. Tuan rumah langsung mengambil inisiatif permainan dengan mengandalkan duet Lionel Messi dan Ousmane Dembele di lini depan.

Baca Juga:

Penangkapan Bartomeu dan Skandal Barcagate Rusak Citra Barcelona

Laporta Klaim Hanya Dirinya yang Bisa Bikin Lionel Messi Bertahan

Mendekat ke PSG, Lionel Messi Mulai Cari Rumah di Paris

Barcelona vs Sevilla

Dembele langsung mengancam gawang Sevilla saat laga baru berjalan enam menit. Sayang, tembakannya hanya melebar dari gawang Sevilla kawalan Tomas Vaclik.

Empat menit berselang, giliran Sergino Dest yang mencoba peruntungannya. Namun kali ini tembakannya masih mengarah tepat ke pelukan Vaclik.

Barcelona akhirnya mampu memecah kebuntuan saat laga memasuki menit ke-12. Aksi individu Dembele di kotak penalti yang diakhiri tembakan akurat ke pojok gawang hanya membuat Vaclik terpaku.

Gol Dembele membuat para pemain Barcelona kian termotivasi. Namun tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Barcelona kian tampil agresif. Hal itu membuat Sevilla kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-67, Barcelona nyaris menggandakan keunggulan lewat aksi Jordi Alba. Sayangnya tembakan akrobatik bek kanan tersebut memanfaatkan umpan Dembele hanya membentur mistar gawang.

Petaka bagi Barcelona datang pada menit ke-71. Wasit memberikan hukuman penalti kepada mereka setelah Oscar Mingueza melanggar Lucas Ocampos di kotak terlarang.

Beruntung, Marc-Andre ter Stegen mampu menjadi penyelamat Barcelona. Kiper berkebangsaan Jerman itu sukses membaca dengan tepat arah bola sepakan Ocampos yang maju sebagai eksekutor.

Di sisa laga, Barcelona mengurung pertahanan Sevilla. El Barca butuh setidaknya satu gol lagi demi memaksakan babak perpanjangan waktu.

Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Barcelona membuat pertahanan Sevilla kesulitan. Apalagi setelah mereka harus bermain dengan sepuluh pemain jelang babak kedua berakhir usai Fernando menerima kartu kuning kedua.

Usaha Barcelona akhirnya membuahkan hasil pada masa injury time. Umpan silang Antoine Griezmann mampu disambut Gerard Pique dengan sundulan kepala untuk menjebol gawang Sevilla.

Skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga babak kedua berakhir. Agregat kedua tim yang kini 2-2 membuat laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Barcelona melanjutkan momentum kebangkitannya dengan maksimal. Martin Braithwaite mampu mencetak gol ketiga lewat sundulan pada menit kelima babak perpanjangan waktu.

Setelah unggul tiga gol, Barcelona mulai mengendurkan tekanan. Hal ini dimanfaatkan Sevilla untuk menekan balik.

Sevilla memang hanya butuh satu gol untuk kembali mengamankan tempatnya di laga final. Namun hal itu gagal diwujudkan tim asuhan Julen Lopetegui hingga pertandingan usai.

Barcelona akhirnya berhak melaju ke final. Mereka akan menantang pemenang laga Athletic Bilbao dan Levante untuk mengangkat trofi.


Susunan pemain

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza (Junior Firpo 78'), Gerard Pique, Clement Lenglet; Sergio Busquets (Ilaix Moriba 78'); Frenkie de Jong, Sergino Dest (Antoine Griezmann 63'), Pedri (Martin Braithwaite 89'), Jordi Alba; Lionel Messi, Ousmane Dembele (Trincao 89').

Pelatih: Ronald Koeman.

Sevilla (4-3-3): Tomas Vaclik; Aleix Vidal (Jesus Navas 54'), Jules Kounde, Diego Carlos; Marcos Arcuna (Karim Rekik 54'); Joan Jordan (Munir El Haddadi 106'), Oliver Torres (Lukas Ocampos 62'), Fernando; Suso (Alejandro Gomez 79'), Youssef En-Nesyri, Luuk de Jong (Ivan Rakitic 54').

Pelatih: Julen Lopetegui.