BolaSkor.com - Barcelona meraih gelar Copa del Rey ke-31 usai menumbangkan Athletic Bilbao 4-0 pada laga final, di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/4) dini hari WIB. Kemenangan Barca itu menghadirkan sejumlah statistik menarik.

Barcelona sempat kesulitan pada babak pertama. Upaya Lionel Messi dan kawan-kawan tidak ada yang menjadi gol.

Akhirnya, pada paruh kedua, Barcelona menciptakan gol. Bahkan, tidak hanya satu melainkan empat.

Baca Juga:

8 Pemain Tersisa dari Final Copa del Rey 2015

Athletic Bilbao 0-4 Barcelona: Blaugrana Raih Gelar Ke-31

3 Duel Seru Barcelona Vs Athletic Bilbao di Final Copa del Rey

Barcelona

Keempat gol Blaugrana dicetak Antoine Griezmann (60'), Frenkie de Jong (63'), dan Lionel Messi (68', 72'). Sementara itu, tujuh tembakan Bilbao tidak ada yang masuk ke dalam gawang.

Kemenangan Barcelona tersebut diwarnai sejumlah fakta menarik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya berdasarkan apa yang sudah dikumpulkan BolaSkor:

1. Ronald Koeman adalah pelatih kedua yang memenangi dua Copa del Rey (2008 bersama Valencia) pada abad ke-21 setelah Luis Enrique (2015, 2016, 2017).

2. Dengan satu gol plus dua assist, Frenkie de Jong adalah pemain kedua yang terlibat dalam tiga gol di final Copa del Rey pada abad ke-21 setelah Lionel Messi (kontra Sevilla, satu gol dan dua assist).

3. Lionel Messi mencetak sembilan gol dalam 10 final Copa del Rey. Kini, Messi semakin menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah final Copa del Rey setelah Telmo Zarra (delapan penampilan).

Lionel Messi

4. Antoine Griezmann mencetak enam gol dalam lima final terakhir bersama klub dan negara. Perinciannya adalah Liga Europa (2), Piala Dunia (1), Piala Super Spanyol (2), Copa del Rey (1).

6. Oscar Mingueza menyelesaikan 63 dari 66 operan pada babak pertama. Jumlah tersebut lebih banyak dari yang ditorehkan seluruh pemain Athletic Bilbao (56/87).

7. Lionel Messi dan Gerard Pique meraih trofi Copa del Rey untuk ketujuh kalinya.

8. Ronald Koeman merengkuh titel pertama sejak 2009 usai gagal pada satu dari empat pekerjaan sebagai pelatih sebelumnya.

9. Lionel Messi setidaknya mencetak 30 gol (saat ini 31 gol) di semua ajang dalam 13 musim berturut-turut.