Ada Pesan Shin Tae-yong di Balik Gol Backheel Spaso

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 11 Januari
Ada Pesan Shin Tae-yong di Balik Gol Backheel Spaso
Ilija Spasojevic. (PSSI)

BolaSkor.com - Ilija Spasojevic akhirnya mampu mencetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022. Kesuksesan tersebut nyatanya tak lepas dari peran sang pelatih, Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sukses menghancurkan Brunei Darussalam dengan skor 7-0 pada laga keduanya di Grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12). Hasil ini memperbesar peluang Skuat Garuda untuk lolos ke semifinal.

Menariknya, tujuh gol kemenangan Indonesia dicetak pemain berbeda. Para pemain yang mencatatkan namanya di papan skor adalah Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Spaso, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

Baca Juga:

Bintang Laga Brunei Darussalam Vs Indonesia: Edo Febriansyah

Shin Tae-yong Tak Jamin Timnas Indonesia Menang atas Thailand Usai Hajar Brunei 7-0

Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Pesta Gol ke Gawang Brunei Darussalam

Namun Spasojevic layak mendapat sorotan lebih. Gol pria yang akrab disapa Spaso itu memang sangat ditunggu suporter Merah-Putih sejak dipanggil kembali ke Timnas Indonesia.

Spaso gagal mencetak gol saat Indonesia mengalahkan Kamboja pada laga perdana. Permainannya juga dikritik sejumlah pihak.

Peluang Spaso untuk membuka rekening golnya terbuka lebar pada laga kontra Brunei karena sang lawan merupakan langganan lumbung gol. Pemain kelahiran Montenegro itu juga dipasang sebagai starter.

Namun Spaso gagal mencetak gol pada babak pertama. Hingga turun minum, Indonesia memang hanya mampu unggul dua gol melalui aksi Syahrian Abimanyu dan Dendy Sulistyawan.

Hal ini tentu membuat Spaso berada dalam tekanan. Beruntung dirinya mampu melepaskan beban tersebut usai mencetak gol dengan sebuah backheel cantik pada menit ke-60.

Spaso tampak cukup emosional dalam merayakan gol tersebut. Ia seperti melepaskan beban berat dipundaknya.

Performa Spaso pada laga kontra Brunei pun turut mendapat sorotan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu puas karena sang penyerang mengikuti perintahnya dengan baik.

"Saya perintahkan Spaso untuk banyak bergerak dan fokus mencetak gol. Spaso menjalankan perintah saya dengan baik," kata Shin Tae-yong usai laga.

"Saya percaya ke depan dia akan lebih baik dari hari ini."

Proses gol Spaso memang diawali dengan pergerakan yang efektif. Ia berlari ke depan mulut gawang saat Asnawi melakukan manuver di sisi kanan.

Andai Spaso memilih pasif, mungkin gol tersebut tak akan tercipta. Ini menjadi bukti kengototannya untuk menjawab kepercayaan Shin Tae-yong.

Satu gol ke gawang Brunei tentu akan membuat Spaso menjadi semakin percaya diri. Ia diharapkan kembali mencetak gol saat Indonesia menjamu Thailand pada laga ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12) mendatang.

Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2022 Ilija spasojevic Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan