Adu Kaya Pemilik Manchester City Kontra Calon Induk Semang Newcastle United

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 17 April 2020
Adu Kaya Pemilik Manchester City Kontra Calon Induk Semang Newcastle United
Mohammad bin Salman (twitter)

BolaSkor.com - Newcastle United selangkah lagi akan berpindah kepemilikan. Sebuah konsorsium dikabarkan sedang dalam proses mengambil alih kepemilikan klub dari pemilik sebelumnya Mike Ashley.

Di balik konsorsium, muncul nama Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman. Pangeran Salman kabarnya segera menuntaskan pembelian Newcastle United seharga 300 juta poundsterling. Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi yang dikenal juga dengan MBS itu akan menguasai 80 persen saham The Magpies, dengan 20 persen sisanya dibagi rata Amanda Staveley (10 persen) serta David dan Simon Reuben (10 persen).

Sontak perbandingan antara MBS dengan Sheikh Mansour bin Zayed, pemilik Manchester City yang berasal dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Apalagi jika bukan kekayaan yang dibandingkan.

Baca Juga:

Newcastle United Akan Ganti Pemilik, Massimiliano Allegri Masuk Kandidat Manajer

James Bay, Fans Newcastle United dan Pengoleksi Jersey

Selangkah Lagi Newcastle United Akan Ganti Pemilik

Sheikh Mansour membeli Manchester City pada 2008. Pangeran Kerajaan Uni Emirat Arab itu disebut telah menghabiskan total 1 miliar poundsterling untuk membeli pemain dan memperbaiki kinerja klub itu.

Media Inggris, The Sun, menyebutkan bahwa langkah Mohammed bin Salman membeli Newcastle United merupakan bagian dari perang kekayaan para anggota kerajaan Timur Tengah. Sebelumnya, MBS sempat dikabarkan berencana membeli Manchester United pada 2015.

Dari sisi kekayaan, MBS disebut tak bisa menandingi Sheikh Mansour. MBS dikabarkan hanya memiliki kekayaan pribadi sekitar tujuh miliar pounds. Nilai itu jelas kalah jauh dari kekayaan pribadi Mansour yang disebut mencapai 17 miliar pounds.

Tapi tunggu dulu. Posisi MBS sebagai Putera Mahkota Arab Saudi juga harus diperhitungkan. Ya, sebagai penerus raja, MBS memiliki akses terhadap kekayaan seluruh anggota kerajaan yang nilainya mencapai 1,3 triliun pounds. Nilai itu jauh ketimbang jumlah kekayaan keluarga Mansour yang "hanya" mencapai 150 miliar pounds.

Akan tetapi, di kancah sepak bola, Sheikh Mansour lebih unggul ketimbang MBS. Selain Manchester City, Mansour juga memiliki klub New York City, Melbourne City, dan Al-Jazira di negara asalnya. Sementara bagi MBS, Newcastle United merupakan klub sepak bola pertama yang dia miliki.

Newcastle United
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan