Akhir Cerita Dua Rival: Warisan Cristiano Ronaldo Ternodai, Lionel Messi Pemenang Sejati

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 20 Desember 2022
Akhir Cerita Dua Rival: Warisan Cristiano Ronaldo Ternodai, Lionel Messi Pemenang Sejati
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di masa lalu (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 Qatar akan selalu dikenang sebagai salah satu Piala Dunia terbaik sepanjang masa. Selain itu Piala Dunia 2022 juga menjadi penutup era di jelang akhir karier dua rival, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keduanya saling bersaing dalam sedekade terakhir dan menghibur penikmat sepak bola Eropa. Tanpa memedulikan perdebatan di antara fans kedua pemain, persaingan Ronaldo dan Messi khususnya saat di Spanyol jadi cerita menarik yang melekat di pikiran fans.

Selayaknya manusia biasa usia keduanya juga tak lagi muda. Ronaldo 37 tahun dan Messi 35 tahun. Jalan cerita keduanya diwarnai persaingan dan respek satu sama lain, tetapi di Piala Dunia 2022 yang baru ini berakhir terlihat jelas bagaimana cerita keduanya akan berakhir.

Ronaldo dan timnas Portugal tak mampu melaju jauh usai kalah 0-1 melawan Maroko di perempat final. Kekalahan itu diakhiri tangis Ronaldo kala menuju kamar ganti pemain sekaligus memberi indikasi Piala Dunia terakhir untuknya.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Deschamps Enggan Anggap Kemenangan Argentina Dibantu Wasit, tetapi Ada Sesuatu yang Mengganjal

Kylian Mbappe dan Prancis Kalah di Final, tetapi Masa Depan Les Bleus Cerah

Jika benar demikian maka Ronaldo tak memenangi trofi Piala Dunia tapi Piala Eropa dan UEFA Nations League. Tidak hanya itu, pemberitaan mengenai Ronaldo menjadi negatif karena 'ulahnya' sebelum Piala Dunia dimulai.

Ronaldo membuat heboh dengan wawancaranya bersama Piers Morgan yang menyinggung figur seperti Ralf Rangnick, Wayne Rooney, hingga pelatih Manchester United Erik ten Hag. Semenjak saat itu Ronaldo semakin disorot dan kontraknya pun diputus klub.

Ronaldo seolah tidak menyadari masa primanya sudah berlalu dan performanya menurun, hingga ia 'tidak menerima' fakta duduk di bangku cadangan. Singkat kata jelang akhir karier, penilik lima Ballon d'Or merusak warisan atau peninggalannya sendiri.

Di satu sisi berbeda, Messi melengkapi kesuksesan besar dalam kariernya dengan trofi Piala Dunia 2022 dan mengakhiri penantian Argentina sejak 1986. Tidak ada lagi perbandingan dan Messi sudah sejajar dengan nama-nama legendaris seperti Pele, Diego Maradona, dan Ronaldo Nazario.

Hal itu dinilai warganet sudah cukup mengakhiri perdebatan siapa yang terbaik di antara keduanya. Legenda sepak bola Jerman dan pandit sepak bola, Lothar Matthaus, merangkum bagaimana akhir perjalanan dua rival tersebut setelah Piala Dunia 2022.

"Dengan perjalanan egonya, Ronaldo telah merusak tim dan dirinya sendiri. Tidak ada keraguan bahwa dia adalah pemain hebat dan penyelesaia akhir yang benar-benar mematikan. Tapi sekarang dia telah merusak warisannya. Sulit untuk berpikir bahwa dia dapat menemukan tempat bermain dalam satu tim. Saya merasa kasihan pada Ronaldo," kata Matthaus kepada Bild.

"Ronaldo tentu saja merupakan kegagalan besar Piala Dunia, kebalikan dari Messi. (Messi adalah) pemenang mutlak. Dia pantas mendapatkannya karena dia telah memberi saya dan semua penggemar sepak bola kegembiraan yang besar dengan kualitasnya dan cara dia bermain selama 17-18 tahun. Bagi saya, Messi adalah pemain milenium."

Ronaldo Cristiano Ronaldo Messi Lionel Messi Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.219

Bagikan