Alasan Jurgen Klopp Ubah Formasi Liverpool

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 08 Oktober 2022
Alasan Jurgen Klopp Ubah Formasi Liverpool
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool tampil dengan formasi berbeda saat mengalahkan Glasgow Rangers pada lanjutan Liga Champions 2022-2023. Sang manajer, Jurgen Klopp punya alasan khusus melakukan hal itu.

Liverpool asuhan Klopp identik dengan formasi menyerang 4-3-3. Dengan skema ini, Mohamed Salah sukses menjuarai Liga Champions dan Premier League.

Namun skema ini tak berjalan maksimal sejak musim 2022-2023 dimulai. Hal itu terbukti dari serangkaian hasil buruk yang diraih Liverpool.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Akhir Pekan Ini: Arsenal Vs Liverpool Live Televisi Nasional

Bukan Sadio Mane, Jurgen Klopp Ungkap Penyebab Ketajaman Mohamed Salah Menurun

Darwin Nunez Masih Memble, Jurgen Klopp Lihat Secercah Harapan

Saat menjamu Rangers di Anfield, beberapa hari lalu, Liverpool tampil dengan skema 4-2-3-1. Perubahan ini berbuah manis karena Merseyside Merah meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Kesuksesan ini tentu menjadi bahan pertimbangan Klopp untuk mengubah formasi secara permanen. Namun, juru taktik berkebangsaan Jerman itu tak menutup peluang untuk kembali menggunakan skema 4-3-3.

"Bagi kami, jauh lebih penting untuk menjadi tidak terduga lagi. Kami membutuhkan sistem yang berbeda untuk itu," kata Klopp di situs resmi klub.

"Ini bukan satu-satunya sistem yang bisa kita mainkan. Selalu ketika Anda memberi nama sistem, itu 'Apakah 4-3-3 atau 4-5-1? Apakah 4-4-2 atau 4-2-3-1?' Kami tidak ingin membuatnya lebih rumit dari itu tetapi jelas ada sistem yang berbeda untuk kami."

Klopp tampaknya menyadari tim-tim lawan sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan Liverpool. Ngotot mempertahankan formasi 4-3-3 hanya akan membuat mereka sulit meraih hasil buruk.

Dengan mengganti formasi, permainan Liverpool akan lebih sulit dibaca lawan. Kini tinggal bagaimana tangan dingin Klopp untuk menentukan strategi yang tepat demi meraih kemenangan dalam setiap laga.

"Kami harus memilih dari sekarang mana yang terbaik untuk lawan berikutnya, atau yang terbaik untuk kita saat ini. Kita harus lebih tak terduga," tambahnya.

Liverpool akan bertandang ke markas Arsenal dalam lanjutan Premier League 2022-2023, Minggu (9/10) besok. Menarik melihat formasi apa yang akan diturunkan Klopp untuk menghentikan tren positif The Gunners.

Jurgen Klopp Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan