BolaSkor.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, membeberkan alasan mengapa laga Persija Jakarta kontra PSS Sleman bakal menjadi pertandingan pembuka Liga 1 2021/2022.

PT LIB sudah membuat jadwal sementara Liga 1 2021/2022. Jadwal sementara ini sudah diberikan kepada 18 klub peserta.

Meski begitu, jadwal sementara ini belum final karena menunggu saran para klub. Namun, kemungkinan besar laga pembuka akan mempertemukan Persija melawan PSS di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 10 Juli mendatang.

"Persija historis-nya juara Piala Menpora kemarin. Kami inginnya ke Bali United, juara liga yang lalu. Tapi, Bali United di tanggal itu masih bermain di Piala AFC bersama Persipura," kata Sudjarno.

"Sehingga kami cari, misalnya ada histori, di Piala Menpora, PSS menempati peringkat ketiga. Tapi di Piala Menpora PSS dan Persija tak pernah ketemu. Kami coba matchingkan seperti itu, toh nanti semua juga akan bertemu."

Baca Juga:

PT LIB: Nama AHHA PS Pati Belum Bisa Digunakan di Liga 2 2021

Liga 1 2021/2022: Ada 7 Laga Tiap Pekannya

"Jadwal sudah dikirim ke klub, nanti ada diskusi. Jadwal ini masih mungkin berubah kalau ada masukan-masukan yang signifikan," pungkasnya.

Liga 1 2021/2022 akan berlangsung pada 10 Juli mendatang. Liga 1 akan digelar secara kompetisi penuh namun dengan sistem series. Ada enam series yang digelar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Seri 1 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Seri 2 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seri 3 digelar di Jawa Timur.

Seri 4 digelar di Jawa Timur. Seri 5 digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seri 6 digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Nantinya, setiap tim tidak bermain di kandangnya. Misalnya, Persija Jakarta tidak bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat series 1 dan 6 di DKI Jakarta.

Untuk seri pertama tidak memakai stadion di Jakarta, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion PTIK. Peningkatan penyebaran COVID-19 di Jakarta pasti menjadi salah satu alasannya.