BolaSkor.com - Manchester United membungkam kritikan dengan kemenangan telak 4-1 atas Newcastle United di pekan lima Premier League yang berlangsung di St James Park, Minggu (18/10) dini hari WIB. Donny van de Beek kembali dicadangkan Ole Gunnar Solskjaer di laga tersebut.

Empat gol Red Devils lahir dari Harry Maguire (23'), Bruno Fernandes (86'), Aaron Wan-Bissaka (90'), dan Marcus Rashford (90+6') yang membalas gol bunuh diri Luke Shaw di menit dua. Pasca gol Maguire United sempat dibuat frustrasi menjebol gawang Newcastle.

Akan tapi sejak Solskjaer memasukkan Van de Beek dari bangku cadangan di 15 menit tersisa pertandingan, jalannya laga berubah. Gelandang asal Belanda itu memberikan kreativitas dan enerji bermain baru di tengah permainan.

Kombinasi tiga pemain kreatif Van de Beek, Juan Mata, dan Fernandes memberikan United gol kedua yang membawa mereka unggul hingga akhirnya bermain lepas untuk gol ketiga dan keempat.

Baca Juga:

Kesempurnaan Penalti Ternoda, Bruno fernandes Berikan Penjelasan

Newcastle United 1-4 Manchester United: Pujian Setinggi Langit untuk Harry Maguire

Hasil Pertandingan Liga-liga Eropa: Manchester United Bangkit, Real Madrid dan Barcelona Kalah Mengejutkan

Manchester United menang telak di markas Newcastle United

Tak ayal banyak yang mempertanyakan mengapa Van de Beek sejauh ini tak pernah dijadikan starter oleh Solskjaer di Premier League. Kritikan disematkan kepada keputusan Solskjaer terkait pemain yang dibeli sebesar 40 juta euro itu.

Van de Beek (23 tahun) tak pernah kehilangan bola kontra Newcastle, menyelesaikan 12 operan dari total 12 operan yang dilakukannya. Itu baru terjadi di 15 menit terakhir dia bermain.

Solskjaer memberikan alasan tak memainkan Van de Beek sebagai starter. Menurutnya Van de Beek akan segera mendapatkan waktu bermainnya di United.

"Dia (Van de Beek) akan mendapatkan waktu bermainnya," kata Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News. "Dia luar biasa di grup. Saya pikir Anda lihat hari ini dan dalam latihan, dia sangat rapi permainannya, saya tidak berpikir dia kehilangan bola sekali.

"Ini tentang menemukan keseimbangan dalam tim. Kami menang 4-1 hari ini dan Anda bertanya mengapa saya tidak menurunkan salah satu pemain. Dia akan memberikan dampak yang sangat baik bagi tim."

Solskjaer memang membutuhkan performa terbaik, konsistensi dari anak-anak asuhnya sebab pada enam laga berikutnya United menghadapi lawan yang tidak mudah dari PSG (Paris Saint-Germain), Chelsea, RB Leipzig, Arsenal, Istanbul Basaksehir, dan Everton.

"Itu membuat lebih sulit bagi semua orang (kontra Newcastle). Itu cukup sulit karena dengan persiapan untuk permainan ini dan hasil dari terakhir kali (kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur), dan kemudian tertinggal 0-1 setelah satu setengah menit," tambah Solskjaer.

"Saya pikir para pemain merespons dengan luar biasa. Mereka sabar, ulet, mereka percaya apa rencananya dan pada akhirnya kami menciptakan banyak peluang untuk meraih kemenangan."