BolaSkor.com - Untuk menjadi tim pabrikan yang kuat harus memiliki tim satelit. Anggapan tersebut dipahami betul tiga pabrikan terkuat: Ducati, Honda, dan Yamaha.

KTM pun mulai MotoGP 2019 bekerja sama dengan Tech 3 sebagai tim satelit. Praktis tinggal Suzuki dan Aprilia yang belum mempunyai tim satelit.

Baca Juga:

Marc Marquez Hebat Berkat Latihan Keras, Casey Stoner Punya Bakat Alami

Berkat Pengalaman di Ducati, Jorge Lorenzo Semakin Kuat

Bos Suzuki di MotoGP, Davide Brivio menceritakan minimnya anggaran jadi penyebab utama pihaknya belum memiliki tim satelit. Meskipun begitu, ia menegaskan program tim satelit masih jadi target Suzuki.

"Punya tim satelit adalah diskusi berkelanjutan untuk Suzuki di dalam perusahaan. Sebagai sebuah tim, kami benar-benar ingin memiliki tim satelit untuk mendapatkan lebih banyak informasi untuk mengembangkan motor," kata Brivio.

"Tetapi bagi perusahaan itu adalah upaya besar. Karena bagaimanapun kami tidak memiliki begitu banyak sumber daya seperti pesaing kami," tambahnya.

Jika Suzuki masih memiliki minat terhadap tim satelit, hal berbeda dengan Aprilia. Bos Aprilia, Romano Albesiano menegaskan hal di atas belum masuk agenda timnya.

Menurutnya Aprilia bakal fokus memanfaatkan pembalap penguji mereka, Bradley Smith sebagai pengganti ketidak beradaan tim satelit.

"Kami memutuskan untuk berinvestasi pada sektor pembalap penguji dengan turun lewat fasilitas wildcard pada momen yang tepat," Albesiano menuturkan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com