Alie Sesay Bikin Pelatih Persebaya Otak-atik Lini Belakang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 13 Juni 2021
Alie Sesay Bikin Pelatih Persebaya Otak-atik Lini Belakang
Alie Sesay. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Alie Sesay resmi teken kontrak bersama Persebaya Surabaya. Dia menjadi pemain asing ketiga Persebaya yang telah diikat. Musim ini, kehadiran mantan bek Leicester City itu membuat materi pemain di jantung pertahanan Persebaya gemuk.

Persaingan memperebutkan tempat di lini belakang Persebaya bakal ketat. Di sektor pertahanan Persebaya, pelatih Aji Santoso telah memiliki empat bek tengah yang kualitasnya relatif sebanding. Mereka adalah Arif Satria, Rachmat Irianto, Rizky Ridho Ramadhani, dan Mokhamad Syaifuddin. Tiga nama pertama bahkan berlabel timnas Indonesia. Alie lantas menjadi bek tengah kelima yang dimiliki Bajol Ijo.

Aji telah memiliki rencana untuk peran Alie. Pemain timnas Sierra Leone itu bakal menjadi tower di jantung pertahanan lantaran memiliki tinggi 1,85 meter. Dia bisa diandalkan untuk menghalau bola-bola atas dan berduel menghadapi striker tim-tim Liga 1 yang mayoritas mengandalkan pemain asing.

"Kedatangan Alie bakal makin melengkapi kekuatan barisan pertahanan. Terutama dalam duel-duel bola atas," terang pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

Baca Juga:

Rataan Usia Pemain Asing 25 Tahun, Persebaya Berinvestasi Jangka Panjang

Eks Leicester City dan Bruno Moreira Lengkapi Pemain Impor Persebaya

Sosok yang turut mengantarkan Persebaya menjuarai Liga Indonesia 1997/1998 mengatakan jika kondisi Alie lebih baik ketimbang Jose Wilkson Teixeira Rocha ketika tiba di Kota Pahlawan. Aji mengaku tugasnya untuk mengembalikan kondisi Alie ke top performance tidak terlalu berat.

"Saya sudah komunikasi intens dengan dia. Bahkan mungkin, kondisi Alie lebih bagus daripada Wilkson. Karena baru bulan kemarin dia (Alie) selesai kompetisi, dan yang terpenting dia menjaga kondisinya. Jadi, mengembalikan top performance kondisi fisiknya tidak terlalu sulit," ungkapnya.

Lebih lanjut, Aji mengklaim banyaknya pemain belakang mempermudah tugasnya melakukan bongkar-pasang. Pelatih 51 tahun itu disinyalir menempatkan Rachmat Irianto sebagai gelandang bertahan. Putra pertama legenda sekaligus asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro, itu bakal bersaing dengan Ady Setiawan dan M. Hidayat. Dua pemain yang juga cukup tangguh menjalankan peran di posisi tersebut.

"Artinya, saya jadi lebih punya pilihan untuk merotasi para pemain belakang," tandas mantan pelatih PSIM Jogjakarta ini.

Alie sendiri datang ke Indonesia pada Minggu (6/6). Dia sebelumnya menjalani masa karantina di Jakarta dan tiba di Surabaya (11/6). Setelah itu, Alie langsung menjalani tes medis, sebagai syarat untuk bisa menandatangani kontrak dengan Persebaya.

Pemain kelahiran London, Inggris tersebut baru menandatangani kontrak Sabtu (12/6). Alie baru bisa gabung latihan pekan depan. Pasalnya, tim kebanggaan Bonek ini meniadakan sesi latihan sore. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Liga 1 Alie Sesay Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan