BolaSkor.com - Tekad Timnas Indonesia untuk menjadi juara di Piala AFF kemungkinan akan berat. Itu termasuk apabila Australia menjadi ikut Piala AFF 2020.

Federasi Sepak Bola Australia (FFA) tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk bisa memasukkan timnas Australia mengikuti Piala AFF. Itu setelah melihat timnas negara ASEAN mengalami peningkatan teknis.

Timnas Australia sempat ditolak ikut serta karena dianggap punya level lebih tinggi. Hal itu juga ditandai dengan perjanjian pada 2013 setelah Australia masuk sebagai anggota sampingan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Baca Juga:

PSSI Targetkan Simon McMenemy Bawa Indonesia di Ranking 120 FIFA

Simon McMenemy Singgung Suporter dalam Ambisinya bersama Timnas Indonesia

Australia hanya bisa mengirim tim untuk kompetisi level usia muda, seperti ke Piala AFF U-16 atau 17 dan U-19.

"Bagian dari evolusi dengan hubungan kami di ASEAN sekarang adalah melihat Piala AFF yang secara tradisional membuat kami tampak terlalu kuat (untuk ikut)," ujar David Gallop selaku petinggi FFA dikutip The Sydney Morning Herald.

Kiprah Timnas Thailand dan Vietnam di Piala Asia 2019 diperkirakan menjadi patokan Australia. Thailand sampai babak 16 besar, sementara Vietnam hingga perempat final atau sama dengan Australia.

"Tetapi karena banyak negara di sana (Asia Tenggara) telah mengalami peningkatan dalam kekuatan mereka, maka mempertimbangkan Australia untuk menjadi kunci pasar hak komersial, tentu patut ditinjau," sambungnya.