Andai Virus Corona Tak Kunjung Rampung, PON Mundur ke 2021

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 04 April 2020
Andai Virus Corona Tak Kunjung Rampung, PON Mundur ke 2021
Gatot S Dewa Broto (Dok.Kemenpora)

BolaSkor.com - Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, menyebutkan peluang PON 2020 mengalami pemunduran. Hal tersebut disebabkan perhitungan andai virus corona tak kunjung selesai.

Pandemi virus corona di Indonesia semakin tidak terkendali dalam beberapa hari terakhir. Hingga berita ini ditulis, lebih dari 2000 penduduk terjangkit virus yang dikenal dengan nama COVID-19 itu dengan hampir 200 di antaranya meninggal dunia.

Kondisi tersebut mengancam sejumlah agenda olahraga di Indonesia setelah ProLiga (voli) dibatalkan dan Liga 1 (sepak bola) serta IBL (basket) mengalami penundaan. Kini, ajang PON 2020 juga berpeluang ditangguhkan akibat virus corona.

Melalui video conference, Gatot menyebutkan apabila virus corona baru berakhir pada Juli, maka butuh waktu sekitar lima bulan untuk pulih. Alhasil, PON 2020 terancam mengalami penangguhan hingga Maret 2021.

Baca Juga:

5 Poin Penting Menpora untuk Tiga Cabor dengan Kompetisi Profesional

Terkait Virus Corona, Menpora Serahkan Semua ke Masing-masing Cabor

“Tidak ada yang tahu kapan virus corona berakhir. Prediksi kami, taruhlah tidak ada kompetisi apa pun karena virus corona sampai Juli nanti,” tutur Gatot pada video conference tersebut.

“Antisipasi kami, Agustus sampai Desember baru masa pemulihan. Hingga saat ini, kami belum tahu apakah PON masih berlangsung. Kalau PON mundur, kemungkinan sampai Maret 2021.”

“Kenapa Maret? Januari sampai Februari kesulitan menyiapkan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa. Anggaran PON tidak boleh relokasi, tak bisa diganggu gugat,” lanjutnya.

Andai pada akhirnya PON 2020 memang ditunda, rasanya pemerintah melakukan keputusan yang tepat. Bukan tanpa alasan, ajang sekelas Olimpiade 2020 saja harus ditunda sampai satu tahun karena virus corona.

Breaking News Virus Corona PON PON 2020 Kemenpora
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan