BolaSkor.com - Beberapa talenta muda bakal mengisi starting eleven tim Persebaya Surabaya saat menghadapi Borneo FC, pada laga pekan pertama Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/9).

Meski begitu, Persebaya mengusung tekad meraih tiga poin dalam mengawali kiprah di seri pertama Liga 1 2021/2022. Tim asal Kota Pahlawan ini tak gentar dengan perbedaan komposisi pemain Borneo FC yang diprediksi dapat menurunkan penggawa impornya.

Jelang melakoni laga perdana besok, Persebaya kehilangan sejumlah pemain pilar. Mulai dari kiper Satria Tama, bek kanan Koko Ari Araya dan stopper Arif Satria harus menjadi penonton di awal-awal kampanye Bajol Ijo.

Belum lagi empat pemain impor mereka yang terganjal reulasi vaksin. Alhasil, Alie Sesay, Taisei Marukawa, Bruno Moreira Soares dan Jose Wilkson Teixeira Rocha terancam gagal turun di sepanjang seri pertama Liga 1 musim ini.

Akibatnya, pelatih Persebaya Aji Santoso harus mengandalkan pemain-pemain lokal muda yang masih minim pengalaman bertanding di kompetisi profesional. Kendati demikian, dia menjadikan masalah yang melanda Persebaya sebagai keuntungan.

"Tentu ini ada sedikit kerugian buat kami, karena selama persiapan kami juga dengan pemain komplit. Dan (perkembangan) tim sudah sangat bagus. Tetapi, saya pribadi dan tim, pemain-pemain juga tidak mau mengeluh dan menyerah dengan keadaan seperti ini," tegasnya.

Baca Juga:

Lawan Persebaya, Mario Gomez Cadangkan Boaz Solossa

Rachmat Irianto Tetap Kapten, Pelatih Persebaya: Representasi Arek Suroboyo

Pelatih 51 tahun tersebut optimistis dapat mengatasi kondisi krisis pemain yang menimpa Persebaya. Salah satunya adalah dengan meminta Rachmat Irianto dkk. menampilan performa maksimal di lapangan hijau.

"Ini juga ada faktor keuntungan bagi pemain lokal bagaimana dia bisa menunjukkan suatu (kemampuan) kualitas dihadapan seorang pelatih untuk hasil tim. Jadi, menurut saya ada kerugian dan juga keuntungan. Tetapi saya tidak akan mengeksplor kerugian itu, namun saya memaksimalkan keuntungan tersebut," kata Aji.

"Saya selalu sampaikan kepada seluruh pemain siapa pun yang saya pasang, apakah itu pemain lokal atau asing, semua harus siap. Jadi, siapa pun yang saya pasang mereka harus menunjukkan satu kerja (performa) yang sangat bagus untuk tim. Meskipun tidak bisa menurunkan beberapa pemain, kami akan tetap fight untuk memenangkan pertandingan nanti," tambahnya.

Memang, jika dibandingkan dengan kondisi Borneo FC yang bakal menurunkan kekuatan terbaiknya. Tim asal Samarinda, Kalimantan Timur tersebut diperkuat Boaz Solossa, Hendro Siswanto, juga eks kiper Persebaya, Angga Saputro. Tak hanya itu, para pemain asing Borneo FC yakni Javlon Guseynov, Nuriddin Davronov, Jonathan Bustos, dan Francisco Torres dipastikan dapat tampil.

Beruntung, Persebaya belum sekalipun dikalahkan Borneo FC asuhan Mario Gomez. Dari dua kali berhadapan di Liga 1 2019, Persebaya berhasil sekali menang dan sekali meraih hasil imbang 0-0. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)