Andritany Ardhiyasa Sebut Hendro Kartiko sebagai Sosok Inspirasi Menjadi Kiper

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 17 Juni 2020
Andritany Ardhiyasa Sebut Hendro Kartiko sebagai Sosok Inspirasi Menjadi Kiper
Andritany Ardhiyasa (BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, mengaku sosok Hendro Kartiko yang menginspirasinya untuk menjadi penjaga gawang. Andritany menilai, Hendro merupakan sosok penjaga gawang yang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Andritany memang pernah bermain Hendro Kartiko di Persija pada musim 2010/2011. Pada saat itu, Hendro masih menjadi penjaga gawang utama Macan Kemayoran dan Bagol sebagai pelapisnya.

Namun, Andritany mengidolai penjaga gawang yang pernah disebut sebagai Fabian Barthez-nya Asia itu sejak kecil.

“Salah satu inspirasi saya untuk menjadi seorang penjaga gawang adalah Hendro Kartiko," ujar Andritany dilansir dari laman resmi Persija Jakarta.

Baca Juga:

Usaha Bek Persija Tony Sucipto Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Virus Corona

Marc Klok Berharap Kabar Dilanjutkan Kembali Kompetisi Itu Benar

Andritany pun mengaku memiliki pengalaman yang tak terlupakan dengan sang idola. Ketika belum jadi pemain profesional, adik kandung dari Indra Kahfi Ardhiyasa ini pernah dimarih oleh Hendro Kartiko.

"Dahulu saya pernah pengalaman unik dengan dia. Saya sempat dimarahi sama dia di salah satu pertandingan Piala Tiger 2002,” kata Bagol

“Saat itu saya jadi ball boy ketika itu Timnas sedang posisi kalah. Saya agak telat kasih bola ke mas Hendro, dia sempat marah ke saya. 'Woy mana bola cepat kasih saya', dia marah begitu pada saya. Padahal saya sangat mengidolai dia."

“Akan tetapi kemarahan itu tidak membuat saya tersinggung bahkan karena peristiwa itu membuat mimpi saya agar bisa bermain untuk Timnas Indonesia semakin besar dan alhamdulilah mimpi itu tersebut terwujud saat ini,” pungkas Andritany.

Hendro Kartiko. (Istimewa)

Ketika masih aktif bermain adalah Hendro merupakan sosok yang disegani di kancah sepak bola Indonesia. Kariernya sebagai pemain panjang membentang sejak 1989-2012. Klub yang dibelanya seperti PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Arema Malang, hingga Sriwijaya FC.

Kiper yang berkepala plontos ini termasuk pemain yang sukses baik itu di level klub maupun Timnas Indonesia. Hendro telah 60 kali memperkuat Timnas Indonesia sejak tahun 1996, dan merupakan salah satu pemain dengan penampilan terbanyak.

Kejuaraan yang pernah diikutinya adalah Piala Asia 1996 hingga Piala Asia 2004. Bahkan berkat penampilan apik membuatnya ditetapkan sebagai kiper utama tim bintang Asia 2000 oleh AFC, sekaligus mendapat julukan Fabian Barthez-nya Asia.

Hendro kartiko Andritany Ardhiyasa Liga 1 Persija jakarta
Posts

4.871

Bagikan