Anfield yang Tak Angker Lagi di Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 22 Februari 2023
Anfield yang Tak Angker Lagi di Eropa
Liverpool 2-5 Real Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool harus menerima kenyataan takluk dengan skor telak saat menjamu Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022-2023. Lantas apa yang membuat Anfield tak bertuah di Eropa?

Dalam laga yang berlangsung di Anfield, Rabu (22/2) dini hari WIB, Madrid mampu mengalahkan Liverpool dengan skor 5-2. Padahal Los Blancos sempat tertinggal dua gol lebih dulu.

Ini merupakan kali pertama Liverpool kebobolan lebih dari tiga gol di kandang dalam sejarah kompetisi Eropa. Reputasi Anfield sebagai tempat yang angker untuk tim-tim tamu pun tercoreng.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Madrid Comeback di Kandang Liverpool, Napoli Hancurkan Frankfurt

Membedah Ketajaman Karim Benzema dan Mohamed Salah dalam Duel Liverpool Vs Madrid

Liverpool Vs Real Madrid: Anfield Sudah Jadi Sahabat Los Blancos

Sebelum menerima kedatangan Madrid, Liverpool mampu mencatatkan clean sheet dalam dua laga terakhir secara beruntun. Hal itu menegaskan kesiapan tim asuhan Jurgen Klopp untuk meredam ketajaman sang juara bertahan.

Namun statistik tersebut seolah tak berarti di hadapan Madrid. Los Blancos dengan mudah mampu menciptakan lima gol melalui sumbangan Vinicius Junior (2 gol), Karim Benzema (2 gol) dan Eder Militao.

Klopp mengakui pertahanan Liverpool sangat keropos dalam pertandingan tadi. Namun ia melihat hal itu karena pendekatan yang salah dari lini tengah.

“Gol pertama Madrid terjadi karena kami sedikit pasif di atas lapangan, kami tidak mengejar mereka. Gol kedua adalah dagelan dan seharusnya tidak menjadi 2-2," kata Klopp usai laga kepada BT Sport.

Kemudian skor 3-2 dan itu tidak membantu melawan tim yang luar biasa pada serangan balik. Mereka menjadi lebih percaya diri dan mencetak gol-gol hebat, begitulah adanya."

Klopp mengaku tak menyangka timnya akan kalah dengan skor telak. Apalagi performa Madrid tak terlalu konsisten sejak jeda Piala Dunia 2022.

Hasil ini memperpanjang rekor buruk Liverpool saat jumpa Madrid. The Reds juga gagal membalaskan dendam kekalahan pada final edisi musim lalu.

"Ada banyak hal yang bisa saya ambil dari sini. Kami memiliki lima atau enam pemain dan tidak ada duel dalam proses salah satu gol, kami pasif sampai bola tiba di sana," tambahnya.

“Anda harus menjaga momentum dan di sana kami kehilangannya dan kami tidak mendapatkannya kembali."

Hal tak jauh berbeda diungkapkan kapten Liverpool, Jordan Henderson. Ia merasa timnya melakukan terlalu banyak kesalahan dalam laga dengan level tinggi seperti ini.

"Kami tidak membantu diri kami sendiri. Kami tidak bertahan dengan cukup baik (untuk gol ketiga Madrid)," kata Henderson.

"Setelah itu ada beberapa bola yang bisa kami lakukan dengan lebih baik. Permainan pergi dari kami pada saat itu."

Gol ketiga Madrid yang dicetak Eder tampaknya menjadi kunci pertandingan ini. Momen tersebut mengubah arah pertandingan yang sebelumnya berjalan seimbang.

Liverpool Real Madrid Anfield Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan