BolaSkor.com - Setelah sempat ditunda pekan lalu karena virus corona, pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga antara Liverpool kontra Arsenal akhirnya dimulai di Anfield, Jumat (14/01) dini hari WIB.

Dari hasil akhir pertandingan terlihat membosankan dengan skor tanpa gol alias 0-0, belum lagi dengan drama kartu merah yang diterima Granit Xhaka sejak menit 24. Meski begitu Arsenal menunjukkan pertahanan yang kuat di markas Liverpool.

The Reds tanpa dua bintang andalan di lini depan, Mohamed Salah dan Sadio Mane yang berpatisipasi di Piala Afrika, tetapi mereka tetap mendominasi dengan 78 persen penguasaan bola berbanding 22 persen.

Arsenal sepenuhnya dalam mode bertahan menahan gempuran Liverpool yang punya 17 tendangan, tapi hanya satu yang tepat sasaran. Arsenal juga hanya melepaskan satu sepakan tepat sasaran dari tiga percobaan.

Baca Juga:

Arsenal Sepakat Rekrut Arthur, Nasibnya Kini di Tangan Juventus

Hasil Pertandingan: Liverpool Diimbangi Arsenal, Milan Menang

Liverpool Siap Tebus Klausul Pelepasan Jules Kounde

Hasil tanpa gol itu jadi hal positif bagi Arsenal yang akan memainkan leg dua di Emirates Stadium. Mikel Arteta pun senang dengan perjuangan anak-anak asuhnya.

"Saya sangat bangga dengan anak-anak. Apa yang mereka lakukan hari ini sangat fenomenal. Di lapangan ini melawan kualitas lawan ini, bermain dengan 10 orang selama 70 menit dan cara mereka menghadapi tantangan. Itulah yang saya banggakan," papar Arteta di laman resmi Arsenal.

“Anda tahu Anda akan bertarung di sini, Anda akan mengalami momen yang sangat sulit, tetapi kami tidak berencana bermain selama itu dengan 10 pemain."

"Mereka mengerti apa yang dibutuhkan, mereka menunjukkan emosi, sikap yang nyata, berjuang dan berhasrat. Bukan untuk menyerah tapi untuk tetap mencoba dan menemukan cara untuk memenangkan permainan."

“Saya mengatakan sebelum pertandingan bahwa saya ingin membuat orang-orang di sini di lapangan ini bahwa saya senang pergi berperang dan hari ini saya telah melihat itu dan itulah yang saya harapkan setiap pertandingan, di setiap sesi latihan, yang dimiliki para pemain, keinginan dan sikap ini untuk memainkan permainan - itulah yang mereka sukai," urai Arteta.

Dengan hasil itu, Arsenal menurut Squawka jadi tim pertama yang menghentikan Liverpool mencetak gol di Anfield pada seluruh kompetisi musim ini. Selain itu, berikut catatan menariknya dari laga tersebut:

1. Tiga laga terakhir antara Liverpool dan Arsenal di Piala Liga semuanya berakhir imbang dengan skor 5-5, 0-0, dan 0-0.

2. Aaron Ramsdale jadi kiper pertama tim lawan yang mencatatkan clean sheets di Anfield sejak Thibaut Courtois pada April 2021.

3. Granit Xhaka sudah menerima lima kartu merah sejak gabung Arsenal, dua di antaranya didapat musim ini. Sejak debutnya pada musim 2016-2017 tidak ada pemain Premier League yang banyak menerima kartu merah melebihi Xhaka.