Arteta Tak Lebih Baik ketimbang Emery, Duo Striker Arsenal Meredup

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 April 2021
Arteta Tak Lebih Baik ketimbang Emery, Duo Striker Arsenal Meredup
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal dibuat tak berkutik oleh Liverpool pada pekan 30 Premier League yang dihelat di Emirates Stadium, Minggu (04/04) dini hari WIB. The Gunners kalah 0-3 dari dua gol Diogo Jota dan Mohamed Salah.

Tak seperti biasanya Arsenal tak memenangi penguasaan bola dengan hanya 35 persen penguasaan berbanding 65 persen Liverpool. Dari segi jumlah tendangan Arsenal juga punya tiga tendangan dan dua tepat sasaran.

Kendati bermain tandang Liverpool seolah menjadi tuan rumah dengan catatan 65 persen penguasaan bola, 16 tendangan dan tujuh tepat sasaran. Sementara Arsenal hanya bisa melepaskan tiga tendangan dari 35 persen penguasaan bola.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga Liga Eropa: Liverpool Bantai Arsenal, Inter Menjauh

Catatan Liverpool di Markas Arsenal: Jota Fantastis, The Reds Penguasa London

Arsenal Dilumat Liverpool, Arteta: The Gunners Layak Kalah

Mikel Arteta

"Kami benar-benar pantas untuk kalah. Mereka lebih baik di setiap departemen dan pantas memenangkan pertandingan dengan margin yang mereka miliki, atau bahkan lebih. Saya menerima tanggung jawab atas cara kami bermain hari ini."

"Saya tidak perlu menggunakan alasan apapun - bahwa kami tidak memiliki lima atau enam pemain - standarnya jauh lebih tinggi di klub sepak bola ini dan saya harus membuat mereka tampil di level itu."

Begitulah ucapan Mikel Arteta selepas laga berakhir. Arsenal saat ini masih berada di peringkat sembilan klasemen dengan raihan 42 poin dari 30 laga, terpaut tujuh poin dari Liverpool di urutan lima klasemen (zona Liga Europa).

Inkonsistensi Arsenal yang telah jadi masalah klasik berlanjut. Mikel Arteta yang telah menangani Arsenal sejak Desember 2019 belum memperlihatkan perkembangan signifikan di klub, ia tak lebih baik dari Unai Emery.

Statistik membuktikan

Unai Emery

Unai Emery (manajer Arsenal medio 2018-2019) dari 51 laga memenangkan 25 pertandingan, imbang 13 kali, dan kalah 13 kali. Sementara Arteta di 50 laga menang 21 kali, imbang 12 kali, dan kalah 17 kali.

Ditarik mundur lagi jumlah gol Arsenal arahan Arteta juga menurun. Musim ini Arsenal mencetak 40 gol dari 30 laga, sementara Arsenal mencetak 73 gol dari 38 laga bersama Emery di musim 2018-2019, sedangkan dengan Arsene Wenger pada 2017-2018 Arsenal menorehkan 76 gol dari 38 laga.

Tak hanya catatan Arteta yang tidak lebih baik dari pendahulunya yang juga berasal dari Spanyol itu, dua penyerang Arsenal yang seharusnya jadi andalan justru melempem, yakni Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Aubameyang memainkan 167 menit tanpa melakukan satu pun tendangan di laga kandang atau tandang melawan Liverpool di Premier League musim ini.

Pun demikian Lacazette. Striker asal Prancis bermain penuh 90 menit tanpa menciptakan satu pun peluang dan melepaskan tendangan yang menguji Alisson. Sudah kebobolan tiga gol, lini depan juga tumpul, pekerjaan rumah Mikel Arteta menumpuk.

Breaking News Liverpool Arsenal Premier League Mikel Arteta Unai Emery
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.177

Bagikan