BolaSkor.com - Aston Villa jadi tim terakhir dari Championship yang memastikan tiket promosi terakhir ke Premier League 2019-20. The Villa menyusul Norwich City dan Sheffield United yang terlebih dahulu promosi via jalur liga.

Villa asuhan Dean Smith harus melalui jalur play-off sebelum promosi ke Premier League. Villa lolos dari semifinal play-off melawan West Bromwich Albion via drama adu penalti yang berakhir 4-3 setelah agregat gol kedua tim sama kuat 2-2.

Pada fase final melawan Derby County, Villa berhasil menang 2-1 di Stadion Wembley, Senin (27/5) malam WIB, melalui dua gol yang dicetak Anwar El Ghazi (44') dan John McGinn (59') yang diperkecil gol Martyn Waghorn (81').

Pertandingan itu juga menjadi mini derby di antara dua legenda Chelsea, Frank Lampard dan John Terry. Lampard menjadi manajer Derby dan Terry menjadi asisten Smith di Villa. Derby telah melakukan segala cara untuk menang di laga itu dan urung melakukannya.

Baca Juga:

Maurizio Sarri Menuju Juventus, Chelsea Pertimbangkan Tunjuk Frank Lampard

Jangan Bingung, Mengenal 7 Aturan Baru Premier League 2019-2020

Aston Villa Angkat John Terry Jadi Asisten Manajer

John Terry dan Mile Jedinak

Sementara Villa sukses kembali ke habitat mereka di Premier League setelah degradasi di akhir musim 2015-16. Dean Smith patut dipuji atas keberhasilan Villa promosi ke Premier League.

Manajer berusia 48 tahun punya catatan 19 kemenangan, 10 hasil imbang, dan sembilan kekalahan dari total 38 laga. Smith juga jadi manajer Villa pertama yang memenangi trofi di Wembley sejak Brian Little (1996) dan pertama yang memenangi promosi sejak Graham Taylor di tahun 1988.

Kemenangan yang semakin membuat suasana marak adalah kehadiran Pangeran William. Sosok yang satu ini memang fans sejati Villa dan di tribun VIP, William tidak ragu membuang segala retorika soal kerajaan dan ikut bergembira layaknya fans biasa.

Pangeran William

Raut wajah William bahkan terlihat tegang dan stress tatkala Derby memperkecil kedudukan di menit 81. Apa yang diperlihatkannya itu murni sebagai fans sepak bola, fans Aston Villa.

Menarik untuk dinanti langkah manajemen untuk mempersiapkan skuat Villa menatap Premier League. Apalagi, empat dari pemain andalan tim saat ini berstatus pinjaman, yakni: Axel Tuanzebe (Manchester United), Tammy Abraham (Chelsea), Anwar El Ghazi (Lille), dan Tyrone Mings (Bournemouth).

Susunan Pemain:

Aston Villa (4-3-3): Steer; Elmohamady, Tuanzebe, Mings (Hause 86'), Taylor; Hourihane, McGinn; Adomah (Green 73'), Grealish, El Ghazi; Abraham.

Derby County (4-3-1-2): Roos; Bogle, Keogh, Tomori, Cole; Huddlestone (Marriott 63'), Johnson; Wilson, Mount, Lawrence (Jozefzoon 73'); Bennett (Waghorn 69')