Ban Oliveira Rusak, Michelin Coba Cari Solusi

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 12 Agustus 2021
Ban Oliveira Rusak, Michelin Coba Cari Solusi

BolaSkor.com - Sebagai penyedia ban dalam kompetisi MotoGP, Michelin akhirnya memutuskan untuk membawa ban berkompon keras yang baru di seri berikutnya. Mereka tidak mau pembalap MotoGP mengalami kecelakaan hanya gara-gara ban yang jelek.

MotoGP seri Styria yang berlangsung pada Minggu (8/8), menjadi momen yang menegangkan bagi pembalap KTM Miguel Oliveira. Oliveira hampir saja mengalami kecelakaan akibat kondisi ban depan yang rusak.

Tepat pada lap ke-14 Oliveira merasakan getaran yang kuat pada bannya. Akibatnya Oliveira terpaksa harus masuk pit dan tidak dapat menyelesaikan balapannya.

Manajer Michelin, Piero Taramasso, mengakui ada kesalahan produksi pada ban yang dipakai Oliveira. Sebab terlihat dengan jelas benang yang terdapat di ban Oliveira rusak parah.

Baca Juga:

Mengisi Waktu di Rumah Saja dengan Balapan Virtual MotoGP

Mau Dovizoso atau Bukan, Espargaro Tak Ambil Pusing

“Memakan waktu lama untuk melakukan analisa, tidak hanya kepada ban saja, tetapi juga melihat data untuk mengerti bagaimana ban bekerja. Karena kejadian ini menyangkut semua parameter, mulai dari tekanan hingga suspensi,” jelas Taramasso dikutip dari gpone.com.

“Kita masih mencoba mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Saat menemukannya, kita akan memberitahu kepada tim dan media. Ada kemungkinan karena kesalahan produksi.”

Kendati belum menemukan titik terang, Taramasso akan tetap bertanggung jawab terhadap kasus ini. Salah satunya dengan cara mengganti persediaan ban yang sudah disiapkan Michelin. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya peristiwa serupa seperti yang dialami Oliveira.

Nantinya pada seri Austria, para pembalap tetap disediakan ban berkompon keras. Namun, konstruksi pada tidak lagi asimetris, tetapi berubah menjadi simetris.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News KTM Motogp MotoGP 2021 Miguel Oliveira
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan