BolaSkor.com - Espanyol masih harus menanti kemenangan pertama mereka atas rival sekota, FC Barcelona. Espanyol tak pernah menang atas Barcelona sejak 2009 dan berlanjut ke pekan 29 LaLiga di Camp Nou, Sabtu (30/3) malam WIB.

Barcelona menang 2-0 dan menjaga jarak dengan Atletico Madrid menjadi 13 poin - Atletico belum bermain melawan Deportivo Alaves. Kemenangan ini juga mempertegas dominasi mutlak Blaugrana di Derbi Barceloni. Pada laga ini juga Lionel Messi mencetak 40 gol di seluruh kompetisi dan melakukannya dalam 10 musim beruntun (mencetak 40 gol dalam semusima atau lebih).

Rubi, pelatih Espanyol, menerapkan taktik yang menarik: 5-4-1 yang berubah 5-3-2 ketika menyerang. Formasi itu terbukti menyulitkan Barcelona mencetak gol, meski laga ini berlangsung di Camp Nou.

Baca Juga:

Prediksi Barcelona Vs Espanyol: Mencari Raja Catalunya

5 Fakta yang Belum Banyak Diketahui tentang Derby Catalan

Pemain Muda Barcelona Nilai Lionel Messi Tak Ada Tandingannya

Roberto Rosales, Lluis Lopez, Naldo, Mario Hermoso, Adria Pedrosa, begitu disiplin menjaga pertahanan Espanyol. Belum lagi bantuan dari tengah yang turut melapis pertahanan. Alhasil, penguasaan bola Barcelona terasa hambar sejauh ini.

Espanyol sangat berbahaya dari serangan balik, khususnya ketika sukses merebut bola dari penguasaan Barcelona. Tidak banyak peluang yang tercipta di paruh pertama, plus dua menit tambahan waktu. Laga berlangsung cukup membosankan.

Satu-satunya peluang emas yang tercipta hadir via sepakan jarak jauh spekulatif Ivan Rakitic. Tendangannya tidak tepat sasaran, namun hanya melebar tipis di sisi kanan gawang Espanyol yang dijaga eks kiper Real Madrid, Diego Lopez.

Paruh pertama berakhir tanpa gol. Ernesto Valverde, pelatih Barca, harus memutar otak mencari solusi menjebol pertahanan berlapis Espanyol dan tidak terlalu bergantung kepada Lionel Messi.

Butuh waktu sejam lebih bagi Barcelona untuk menjebol gawang Espanyol. Pasca masuknya Malcom dan Sergi Roberto di menit 59, intensitas serangan Barca meningkat.

Pada menit 70 Barca akhirnya mencetak gol melalui kejeniusan Messi. La Pulga melepaskan tendangan bebas yang tidak dapat dicegah oleh Lopez. 1-0 Barcelona unggul.

Keunggulan itu kian membuat permainan Barcelona lebih rileks. Dalam kondisi tersebut, Espanyol mau tak mau harus keluar menyerang untuk mencetak gol. Namun, tiap serangan yang mereka bangun selalu kandas di pertahanan Barcelona.

Lionel Messi

Tuan rumah mengunci kemenangan di menit 89. Serangan cepat dibangun dari lemparan Marc-Andre ter Stegen yang diterima Rakitic, lalu dioper ke Malcom dan ia mengubahnya menjadi assists untuk gol kedua Messi di laga ini. 2-0.

Kedudukan itu tidak berubah hingga empat menit tambahan waktu berakhir. Masuknya Sergio Garcia, Alfa Semedo, dan sensasi asal China, Wu Lei, tidak mengubah kedudukan untuk Espanyol arahan Rubi. Derbi Barceloni berakhir 2-0 untuk kemenangan Barcelona.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-André ter Stegen; Nelson Semedo (Sergi Roberto 59'), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur (Malcom 59'); Lionel Messi (c), Luis Suarez, Philippe Coutinho (Arturo Vidal 82').

Pemain Cadangan: Arturo Vidal, Inaki Pena, Malcom, Sergi Roberto, Kevin-Prince Boateng, Carles Alena, Samuel Umtiti.

Pelatih: Ernesto Valverde

Espanyol (5-4-1): Diego Lopez; Roberto Rosales, Lluis Lopez, Naldo, Mario Hermoso, Adria Pedrosa; Oscar Melendo (Sergio Garcia 65'), Víctor Sanchez (c) (Alfa Semedo 78'), Marc Roca, Esteban Granero; Borja Iglesias (Wu Lei 63').

Pemain Cadangan: Hernan Perez, Javi Lopez, Didac Vila, Sergio Garcia, Wu Lei, Roberto Jimenez, Alfa Semedo.

Pelatih: Rubi