BolaSkor.com - Persija Jakarta baru saja menunjuk pelatih asal Italia, Angelo Alessio sebagai pelatih anyar untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2021.

Jika melihat prestasi yang dimiliki oleh Alessio, pelatih berusia 56 tahun ini sebelumnya dikenal sebagai mantan asisten Antonio Conte sejak dari Siena hingga Chelsea. Bahkan, Alessio merupakan pernah menemani Conte saat menangani Timnas Italia.

Ia menjadi salah satu sosok membuat Juventus berjaya di Serie A Italia dengan meraih gelar scudetto tiga kali berturut-turut (2011-2014). Bahkan, Alessio berhasil membawa Chelsea menjadi juara Premier League (2016/2017) dan Piala FA (2017/2018).

Baca Juga:

Angelo Alessio Dibebaskan Membeli Pemain untuk Persija

Alasan Persija Jakarta Tunjuk Angelo Alessio Jadi Pelatih

Akan tetapi penunjukkan Alessio sebagai pelatih seperti melakukan perjudian besar. Jika melihat tiga tahun belakangan, dua pelatih yang direkrut Persija untuk menangani tim berasal dari Eropa. Ivan Kolev ditunjuk pada musim awal 2019, setelah itu digantikan oleh Julio Banuelos di pertengahan musim.

Ketika menangani Persija di tahun 2019 lalu, Ivan Kolev hanya mampu meraih delapan kemenangan, lima hasil imbang, dan delapan kali kekalahan. Penerusnya, Julio Banuelos juga tak bisa berbicara banyak untuk mengangkat performa Persija.

Mantan asisten pelatih Luis Milla Aspas ini justru hanya meraih tiga kemenangan, tujuh hasil imbang, dan tiga kali kekalahan. Hasil ini membuat Macan Kemayoran semakin terpuruk dan masuk zona merah Liga 1 2019 pada saat itu. Akhirnya Banuelos dipecat dan digantikan oleh Edson Tavares.

Sebelum dua pelatih ini, Persija sudah memiliki beberapa pelatih asal Eropa sejak terakhir juara tahun 1998 lalu. Presitasi yang dihasilkan oleh pelatih asal Eropa ini pun beragam. Pelatih Persija asal di Persija ada Albert Fafie asal Belanda sampai dengan Sergei Dubrovin asal Moldova.

Julio Banuelos. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Namun dari semua itu, ada satu pelatih asal Eropa yang mampu membawa Persija ke Final Liga Indonesia dan Copa Indonesia pada saat itu. Dia adalah Arcan Iurie pelatih asal Moldova yang melatih Macan Kemayoran pada tahun 2005-2006.

"Ketika tim membutuhkan pelatih kami cari link pelatih oleh karena itu dapat lima nama akhirnya melakukan interview sebagainya, kami ngobrol dengan beberapa pelatih bahkan yang satu sempat jauh ngobrolnya tetap ternyata tak cocok dengan Persija," kata manajer Persija Bambang Pamungkas.

"Kalau dibilang gambling saya rasa tidak. Selama saya main di Persija ada berapa pelatih Eropa yang sukses, Ivan Kolev sukses, lalu yang bawa kita ke final tahun 2005 Arcan Iurie, dia juga bisa dibilang sukses bersama Persija."

"Gambling atau tidak? Sebenarnya siapa saja pelatih yang akan kami pilih juga pasti gambling. Tapi setidaknya ini pilihan terbaik, semoga ini jadi awal yang baik untuk Persija dalam memperkokoh prestasi di Indonesia," tambah Bepe.

Sampai dengan sekarang, Alessio masih belum tahu kapan akan datang untuk melatih langsung Persija. Persiapan Persija saat ini masih dipimpin oleh asisten pelatih Persija, Sudirman.