BolaSkor.com - Optimistis tinggi dirasakan bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto kepada Timnas Indonesia yang akan berlaga di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ia yakin Indonesia lolos.

Sebab kata dia, Indonesia berada satu grup dengan Vietnam, Thailand, Malaysia dan Uni Emirat Arab. Menurutnya lawan-lawannya itu sudah diketahui kekuatannya.

"Peluang cukup besar untuk kita lolos ke babak ketiga Piala Dunia. Walaupun kekuatannya tidak bisa dikatakan merata dan berada di atas Indonesia, tapi setidaknya kita sudah cukup saling mengenal satu sama lain karena sering ketemu di zona ASEAN," ungkap Jufriyanto di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Selain itu, pemain yang akrab disapa Jupe ini menilai penggunaan sistem home and away akan sangat mempengaruhi peluang Indonesia untuk bisa lolos. Setidaknya harus bisa dimanfaatkan saat bertindak sebagai tuan rumah.

"Kita memiliki kesempatan saat kita main di home. Malaysia, Thailand, Vietnam, kita sudah pernah ketemu. Jadi pada saat home kita tidak boleh kehilangan poin, draw atau kalah," tegasnya.

Baca Juga:

Tanggapan Simon McMenemy soal Timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022

Segrup Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand, dan UEA, Pelatih Malaysia Sebut Keuntungan

Ketiga negara itu, kata Jupe diprediksi akan menyulitkan Indonesia untuk lolos ke babak ketiga. Sebab mereka lebih terorganisir termasuk dengan kompetisinya.

"Kalau UEA, menurut saya mereka tidak sekuat tim Timur Tengah lainnya. Tidak seperti Qatar, Syria yang merupakan lawan-lawan yang agak sedikit menyulitkan. Kalau UEA, saya tidak melihat itu suatu halangan yang benar-benar buat Indonesia," tuturnya.

Namun, Jupe belum mengetahui dengan nasibnya. Meski sempat terpanggil dan menjalani serangkaian uji coba melawan Yordania dan Vanuatu beberapa waktu lalu, bukan jaminan Jupe untuk kembali membela Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan dimulai 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020 mendatang.

"Belum ada informasi lebih lanjut. Mungkin dalam waktu dekat ini. Harapannya dipanggil lagi karena membela Indonesia adalah tujuan dari semua pemain sepak bola. Bermain baik di Liga dan klub untuk Timnas," imbuhnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)