BolaSkor.com - Timnas Belanda butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke babak 16 besar sebagai wakil Grup A. Tiga poin itu berpeluang besar dicapai saat bersua Ekuador.

Belanda mengawali langkah di Piala Dunia 2022 dengan baik. Virgil van Dijk dan kawan-kawan menekuk Senegal dengan skor 2-0.

Kini, Belanda akan menantang Ekuador di Khalifa International Stadium. Sebelumnya, Ekuador meraih kemenangan melawan Qatar.

Baca Juga:

KNVB Beri Hadiah Mural untuk Penggemar di Indonesia, Bukti Kedekatan dengan Tim Oranje

Cody Gakpo, Pemain yang Dilupakan Manchester United demi Mendapatkan Antony

Van Dijk Sedih Lihat Mane Absen, tetapi Sekaligus Intip Keuntungan

Statistik mencatat, ini adalah pertemuan ketiga antara Belanda dan Ekuador. Sebelumnya, Belanda menang 1-0 pada 2006 dan imbang 1-1 pada 2014.

Kabar baiknya, Belanda superior melawan wakil Amerika Selatan. Dari 14 pertandingan kontra tim Amerika Selatan di Piala Dunia, Belanda hanya dua kali kalah. Sisanya adalah 8 kemenangan dan 4 imbang.

Dua kekalahan itu diderita melawan Argentina dan Brazil. Kekalahan pertama terasa lebih menyakitkan karena terjadi di final Piala Dunia 1978.

Kebalikannya, Ekuador melempem melawan tim Eropa. Ekuador baru dua kali menang (Kroasia 2002 dan Polandia 2006). Sementara itu, lima laga lainnya berakhir dengan 1 imbang dan 4 kalah.

Meski Oranje diunggulkan, tetapi Louis van Gaal tidak mau besar kepala. Ia memprediksi laga akan berjalan sulit.

"Menurut saya Ekuador adalah tim yang lebih terorganinasi daripada Senegal. Pertandingan akan berjalan sulit," urai Van Gaal.