Bepe dan Ferdinand Sinaga Jadi Patokan jika Ingin Berkarier di Luar Negeri

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 09 Desember 2020
Bepe dan Ferdinand Sinaga Jadi Patokan jika Ingin Berkarier di Luar Negeri
Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. (Media Persija)

BolaSkor.com - Para pesepak bola Tanah Air kini tengah didekati banyak klub luar negeri. Ketiadaan kompetisi di Indonesia menjadi penyebabnya.

Beberapa tawaran datang, mulai dari Malaysia hingga Thailand. Seperti yang terjadi pada salah seorang pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi.

Namun pemilik nomor punggung 13 itu menolaknya. Alasannya berstatus pinjaman dan karena kompetisi direncanakan akan lanjut pada awal tahun depan.

Menanggapi hal itu, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan saran. Menurutnya ketika pemain mendapatkan tawaran, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah duduk bersama.

"Dilihat dahulu, negara mana yang menawar dan klub apa," kata Robert saat dihubungi, Rabu (9/12).

Baca Juga:

Persib Tak Terima Tawaran Lain, Hanya Febri Hariyadi

Dua Alasan Febri Hariyadi Menolak Tawaran Klub Thailand

Pelatih asal Belanda ini mencontohkan ketika masih menangani PSM Makassar. Saat itu pemainnya Ferdinand Alferd Sinaga mendapatkan tawaran dari klub asal Malaysia, Kelantan FA.

"Saya mengetahui Ferdinand, kepribadian Ferdinand dan tahu lingkungan di Kelantan. Saya katakan dengan jelas kepada Ferdinand bahwa dia tidak akan lama berada di sana karena saya tahu sepak bola Malaysia," tuturnya.

Benar saja, ketika Liga di Malaysia berakhir, Ferdinand mencoba menghubunginya kembali untuk bisa memperkuat PSM Makassar. Sebab Liga Malaysia hanya berlangsung cukup singkat.

"Bisa dilihat beberapa pemain Indonesia mencoba pergi ke Malaysia tapi mereka sudah kembali sekitar kurang lebih satu musim saja. Jadi penting mempertimbangkan klub apa yang dipilih," jelasnya.

"Dan kami punya contoh bagus seperti Bambang (Pamungkas) yang pergi ke Selangor dan punya reputasi bagus. Karena selain dia pemain yang bagus, dia juga punya kepribadian bagus yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan pemain lain dan juga lingkungan yang sulit," tambahnya.

Karena itu, lanjutnya, perlu pertimbangan yang sangat matang untuk bisa berkarier di klub luar negeri. Jangan sampai, keputusan yang dikeluarkan membuat kariernya menjadi terhambat.

"Jadi itu hal yang rumit, bukan hanya pergi ke suatu tempat tapi juga bagaimana memilih tempat yang tepat kemana kamu akan pergi dalam sudut pandang karier," katanya.

"Jadi Febri sudah sangat jelas bahwa dia tidak ingin meninggalkan Persib dalam tahap kariernya sekarang untuk pergi ke Thailand," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Persib Bandung Bambang pamungkas Ferdinand sinaga Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan