BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan kesiapan timnya dalam menghadapi Curacao dalam pertemuan pertama FIFA matchday yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/9).

Pelatih asal Korea Selatan ini mengatakan proses persiapan berjalan dengan lancar sejak memulai pemusatan latihan pada 19 September 2022 lalu. Hanya saja, satu pemainnya yakni Asnawi Mangkualam dalam kondisi tidak begitu baik.

"Tapi selain Asnawi, semua pemain baik-baik saja kondisinya. Dan saya persiapkan tim lebih baik," ujar Shin Tae-yong dalam prematch press conference di Hotel Harris Citylink, Kota Bandung, Jumat (23/9).

Shin Tae-yong membenarkan ranking FIFA dari dua negara ini sangat jauh berbeda. Indonesia menempati posisi 155, sementara Curacao di posisi 84.

Baca Juga:

Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF, Thailand Ditekuk Malaysia

Timnas Indonesia Hadapi Curacao, M Ridho Kirim Dukungan untuk Nadeo Argawinata

"Memang sangat tinggi ya ranking-nya, jadi saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini dengan baik atau tidak, dan apakah bisa memainkan permainan yang kita inginkan. Dan juga kita ke depannya ketika kita mengalami lawan tim yang bagus, apa yang kita harus antisipasi dan perbaiki, itu yang akan dilihat."

"Memang Curacao lebih baik dari kita, tapi saya tetap mempersiapkan tim ini dengan baik agar memberikan kebahagiaan kepada fans yang haus akan kemenangan," tegasnya.

Sementara itu, Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin mengaku cukup percaya diri menghadapi Curacao. Salah satunya karena persiapan yang dimiliki cukup bagus.

"Semangat teman-teman juga bagus untuk laga besok. Dan mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik buat besok dan lancar," harapnya.

Fachruddin tak memungkiri tidak mudah untuk bisa mengalahkan Curacao. Terlebih, lawannya tersebut dihuni para pemain yang berlaga di Eropa.

"Kita tahu bahwa lawan adalah tim yang baik, karena banyak pemain Eropa. Kita sebagai pemain belakang bekerja secara tim, apa yang sudah disiapkan sama pelatih, kita fokus dengan itu, jadi kekuatan."

"Terus juga dari tim pelatih sudah menganalisa bagaimana harus menyerang dan bertahan. Mudah-mudahan besok berjalan baik," harapnya.

Terkait mengenai banyaknya pemain muda di timnas Indonesia senior saat ini, Fachruddin tak mempermasalahkannya. Apalagi ia kerap berkomunikasi dengan pemain muda seperti Muhammad Ferarri yang juga sama-sama beroperasi sebagai bek tengah.

"Bukan hanya saya, sebagian besar pemain juga selalu welcome kepada pemain muda. Ferrari, Marselino (Ferdinan), kita juga sering bercanda. Di waktu latihan sering ngobrol. Apalagi Ferarri dengan saya selalu ngobrol masalah posisi. Jadi tidak ada jarak antar pemain muda dan senior. Kita harus berbaur semuanya," pungkasnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)