Berusia 32 Tahun, Lionel Messi akan Cedera Setiap Tiga Bulan jika Banyak Berlari

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 30 Oktober 2019
Berusia 32 Tahun, Lionel Messi akan Cedera Setiap Tiga Bulan jika Banyak Berlari
Lionel Messi dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memberikan saran kepada Lionel Messi dan juga pelatihnya di Barcelona, Ernesto valverde, agar lebih bijak memaksimalkan kualitasnya. Pada usia 32 tahun, La Pulga tidak bisa lagi sering berlari seperti di usia muda.

Guardiola, mantan pelatih Messi di Barcelona pada medio 2008-2012, berbicara soal kesulitan yang dialami pelatih-pelatih ketika menangani bintang Eropa yang sudah berkepala tiga atau lebih. Sama halnya seperti pemikiran Jose Mourinho, Guardiola mengakui hal tersebut sangat sulit dilakukan pelatih.

Para pelatih harus bijak memaksimalkan talenta bintang tersebut dan tidak merisikokannya dengan jam bermain yang sangat banyak, lalu cedera. Contoh itu diperlihatkan Guardiola dalam diri Messi.

Menurut Guardiola, Messi, pada usianya kini, tak bisa lagi banyak berlari seperti halnya saat muda dulu. Alangkah lebih baiknya bagi Messi bermain lebih efektif, tidak banyak berlari, namun tetap memberikan kontribusi maksimal bagi tim.

Baca Juga:

Barcelona 5-1 Valladolid: Dua gol dan Dua Assists Lionel Messi Bawa Blaugrana ke Puncak Klasemen

Soal Cetak Gol Jarak Jauh, Lionel Messi Menjauh dari Dua Penggawa Napoli

Pelatih Barcelona Kehabisan Kata Puji Lionel Messi

Lionel Messi dan Pep Guardiola

Apabila Messi dipaksakan banyak berlari saat ini, Guardiola terang-terangan memprediksi Messi bisa cedera setiap tiga bulan. Pesan dari Guardiola ini juga dapat diartikan saran untuk Messi agar kariernya bisa bertahan lama.

"Bintang-bintang harus berlari seperti pemain lainnya, jika tidak tim tidak akan bertahan, Anda harus meyakinkan mereka untuk berlari. Terkadang, Anda berkata kepada mereka 'Saya tidak memaksakan Anda berlari 40 meter seperti atlet berusia 20 tahun di tim, tapi berikan saya alasan untuk Anda tidak lari," tutur Guardiola, dilansir dari AS.

"Jika seseorang tidak berlari, tapi mencetak tiga gol di tiap laga maka saya bisa memahaminya. Tapi, tidak ada satu pun yang mencetak tiga gol di tiap laga, hanya Messi yang mendekatinya."

"Saat ini, Anda harus meminta Messi untuk sedikit mengurangi usaha (berlari). Dia tak bisa berlari karena memang harus berlari, tidak mungkin. Jika Leo berlari seperti di musim pertama dengan saya dia akan cedera setiap tiga bulan. Menangani legenda di usia 30 dan di atasnya merupakan hal tersulit untuk seorang pelatih," terangnya.

Lionel Messi hanya manusia biasa. Kelak dia akan pensiun dan Guardiola berharap Barcelona membuatkannya patung sebagai bentuk penghargaan, seperti halnya mendiang Laszlo Kubala dan Johan Cruyff.

"Suatu hari Messi akan pensiun dan Barca harus menerimanya. Apa yang harus disiapkan adalah ruang untuk patung, cara untuk memberinya penghargaan seperti Kubala atau Johan, dan saya tak ragu lagi mereka akan menemukan ruang itu," urai Guardiola.

Breaking News Lionel Messi Pep Guardiola Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.220

Bagikan