BolaSkor.com – Video Assistant Referee (VAR) saat ini menjadi teknologi baru yang terus menjadi perbincangan di sepak bola Indonesia. Penggunaan VAR terus digaungkan di Liga 1 2019.

Seringnya, wasit melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan di sebuah pertandingan membuat klub di Liga 1 ingin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memakai VAR dalam kompetisi musim mendatang.

Mencuat kabar bahwa 18 kontestan Liga 1 siap patungan demi terciptanya penggunaan VAR di Liga 1. Salah satunya klub, Bhayangkara FC siap ikut serta bila memang ada urunan. Hal ini dikatakan oleh Manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji.

Baca Juga:

AKBP Sumardji: Dalam Waktu Dekat Bhayangkara FC akan Lauching Tim dan Jersey Baru

Tanggapan AKBP Sumardji, Terkait dengan Mundurnya Jadwal Liga 1

"VAR memang harus ada sebagai back-up wasit dalam mengambil keputusan. Kalau memang peserta Liga 1 akan patungan tentu suatu langkah yang bagus dan saya akan ikut serta bersama sama," ucap Sumardji kepada wartawan.

Penggunaan VAR memang diharapkan dapat mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan oleh wasit. Seperti diketahui beberapa keputusan kontroversial dibuat wasit di kancah sepak bola Indonesia.

Yang terbaru adalah keputusan kontroversi di leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia antara PSM Makassar melawan Bhayangkara FC. Saat itu wasit Nusur Fadilah yang memimpin laga tidak mengesahkan gol sepakan bebas Andersson Salles.

Tak pelak keputusan yang dibuat oleh wasit terbaik Piala Presiden 2018 itu merugikan Bhayangkara FC. Sebab hasil akhir Bhayangkara takluk 0-2 dan gugur dari kancah Piala Indonesia.