Bima Sakti Jelaskan Kriteria Pemain yang Dicari untuk Timnas U-16

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 01 Mei 2021
Bima Sakti Jelaskan Kriteria Pemain yang Dicari untuk Timnas U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menjelaskan beberapa kriteria dalam mencari pemain untuk Timnas Indonesia U-16. Sejauh ini ada lima faktor yang dijadikan patokan oleh Bima Sakti dalam memilih pemain untuk Timnas Indonesia U-16.

Bima Sakti sedang mencari pemain dengan menggelar seleksi nasional di Jakarta yang telah berlangsung sejak 21 April lalu sampai dengan 1 Mei 2021. Para peserta kebanyakan datang dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

Bima Sakti menyebutkan tiga dari lima faktor yang menjadi pegangan untuk memilih pemain, yakni tinggi badan, mentalitas, dan kekompakan dengan para pemain lain saat mengikuti proses seleksi di Jakarta ini.

Baca Juga:

Ketum PSSI Tegaskan Tak Ada Pemain Titipan di Semua Level Timnas Indonesia

Harapan Bima Sakti Lakukan Seleksi Timnas U-16 di Bulan Ramadan

"Postur dulu ya dari kiper, center back, gelandang, striker. Itu kan posisi yang membutuhkan masalah tinggi badan. Sayap kanan kiri dan fullback bisa di bawah 170. Kalau yang tadi harus di atas itu," kata Bima kepada awak media.

"Selain postur juga mental, chemistry, walaupun banyak yang belum kenal. Tapi cukup bagus kelihatan cara mainnya dan visinya. Jadi kami pelatih cukup mudah untuk memilih," jelasnya.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 kali ini digelar secara bergantian di hari berbeda. PSSI membagi prosesnya ke dalam lima sesi. Memasuki hari terakhir, Bima Sakti ingin jika terpilih nanti, pemainnya bisa memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-16.

"Semua diberikan kesempatan ya dari Asprov, GSI (Gala Siswa Indonesia), dan akademi seluruh Indonesia. Setiap sesi kami bagi 33 pemain. Dua hari berlatih, setelah itu pulang, masuk lagi sesi kedua 33 pemain. Jadi semuanya 169 pemain," ujar Bima Sakti.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 ini dilakukan sebagai salah satu persiapan Timnas Indonesia U-16 untuk berlaga di Piala AFF U-15. Rencananya turnamen tersebut akan digelar di Indonesia, namun untuk tanggalnya masih belum ditentukan.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-16 Bima sakti Breaking News PSSI
Posts

4.871

Bagikan