Bintang Bali United Sanjung Metode Shin Tae-yong Bangun Timnas Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 20 September 2022
Bintang Bali United Sanjung Metode Shin Tae-yong Bangun Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Bintang Bali United, M. Rahmat, menyanjung, metode yang dilakukan Shin Tae-yong untuk membangun Timnas Indonesia. Pelatih Korea Selatan membangun pemain muda tanpa harus meninggalkan prestasi.

Shin Tae-yong lebih suka dengan para pemain muda. Buktinya, pada Piala AFF 2020 lalu, Indonesia menduduki peringkat empat dengan rataan skuat termuda, dibawah Timor Leste, Laos dan Kamboja.

Tiga negara itu tak memiliki prestasi di Piala AFF 2020. Sementara Indonesia mampu menembus partai final. Sayangnya, gelar juara gagal didapat setelah kalah dari Thailand dengan agregat 2-6.

Deretan skuat muda itu kembali dipanggil pada FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Hanya Fachruddin Aryanto yang memiliki usia di atas 30 tahun.

Baca Juga:

Persib Vs Persija Nanti Dulu, Marc Klok Fokus bersama Timnas

Timnas Indonesia Memulai Persiapan Jelang Melawan Curacao

Lalu ada Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri dan Ramadan Sananta yang berusia di bawah 20 tahun. Sementara Rizky Ridho, Pratama Arhan dan Witan Sulaeman juga baru berusia 20 tahun.

Cara Shin Tae-yong membangun Timnas Indonesia mendapat apresiasi dari M Rahmat. Ia berani menampilkan pemain muda tanpa harus meninggalkan hasil bagus.

"Salah satu metode yang jujur saya suka dari coach Shin adalah dia berani memainkan para pemain muda. Artinya, dia ingin regenerasi yang cepat supaya perkembangan sepak bola di Timnas berjalan cepat mengikuti metode apa yang coach Shin Tae-yong mau," kata Rahmat, Senin (19/9).

Program itu berjalan bagus. Indonesia tetap meraih prestasi karena tim senior sukses lolos ke Piala Asia 2023. Lalu yang terbaru, Timnas U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Indonesia lolos dengan predikat juara grup F, setelah menang atas Timor Leste 4-0, Hongkong 5-1 serta Vietnam 3-2. Rahmat pun terkesan dengan apa yang telah dibuat shin Tae-yong.

"Sebagai pemain dan juga warga Indonesia pasti bangga karena Timnas U-20 dan senior lolos ke Piala Asia tahun depan. Artinya ada progres, dan proses yang diberikan coach Shin Tae-yong berjalan baik," tutur Rahmat.

Rahmat sendiri belum pernah dipanggil Shin Tae-yong meski memiliki prestasi bagus di Bali United. Bisa jadi hal itu karena usianya yang sudah 34 tahun. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

M rahmat Shin Tae-yong Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan