BolaSkor.com - CIES Football Observatory merilis daftar klub dengan rataan penonton terbanyak di dunia sejak 2013. Secara mengejutkan, Borussia Dortmund memuncaki daftar tersebut.

Berdasarkan hasil laporan keuangan UEFA, pendapatan dari penonton ke stadion merupakan satu di antara yang paling besar. Setidaknya, pendapatan dari sektor itu menyentuh 40 persen dari keseluruhan.

Memang, jumlah persentase itu kembali lagi ke tiap-tiap klub. Namun, setidaknya persentase di atas membuktikan pentingnya klub memiliki stadion dengan fasilitas yang membuat penonton nyaman.

Baca Juga:

Lumat Dortmund, Niko Kovac Ingatkan Bayern Munchen Belum Juara

Bayern 5-0 Dortmund: Penampilan Bintang Lima Die Roten di Der Klassiker ke-100

Dalam melakukan penelitian, CIES menganalisis data pentonton yang datang ke stadion dalam 51 kompetisi di 42 negara. Namun, karena berbagai keterbatasan mereka hanya mendalami 26 di antaranya.

Dari data tersebut, diketahui jumlah penonton yang hadir ke stadion dalam lima tahun terakhir. Periode yang dipilih adalah mulai musim 2013-2014 hingga 2017-2018.

Hasilnya di luar dugaan, karena klub dengan jumlah rataan penonton terbanyak adalah Borussia Dortmund. Dortmund mampu mendatangkan rata-rata 80.230 penonton setiap bertanding.

Jumlah tersebut membuat penonton yang datang ke laga Borussia Dortmund lebih banyak dibandingkan klub top Eropa. Sebut saja Manchester United, Barcelona, Bayern Munchen, dan Real Madrid.

Dalam 10 besar daftar yang dirilis oleh CIES, lima di antaranya merupakan klub asal Jerman. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya tidak berkompetisi di kasta tertinggi Bundesliga saat ini.

Berikut ini adalah daftar klub dengan rataan jumlah penonton terbanyak sejak 2013 versi CIES:

Daftar Rataan Penonton Terbanyak