Bukan Rekreasi, Begini Indikasi Penularan COVID-19 di Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 03 Februari 2022
Bukan Rekreasi, Begini Indikasi Penularan COVID-19 di Liga 1
dr Alfan Nur Asyhar. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Satgas COVID-19 Liga 1 sudah menemukan indikasi tentang penularan COVID-19 di antara tim-tim Liga 1 2021/2022. Penularan lokal membuat banyak pemain dalam satu tim bisa terpapar COVID-19 berbarengan.

Penularan lokal yang dimaksud adalah perawatan terhadap pemain dalam satu tim. Ketika ada pemain yang merasakan tidak enak badan, mereka meminta untuk dilakukan massage oleh masseur tim.

"Ketika pemain merasa badannya tidak enak, dia akan meminta massage. Dari situ masseur-nya kena dan menularkan ke yang lain," kata tim Satgas COVID-19 Liga 1, dr. Arfan Nur Asyhar saat ditemui di The Haven Hotel, Seminyak, Rabu (2/2).

Baca Juga:

Liga 1 Akan Tetap di Bali, PT LIB Cari Solusi Atasi Peningkatan COVID-19

Badai COVID-19 Hantam Liga 1, 19 Orang Dinyatakan Sembuh

Arfan menyebut bahwa beberapa tim sudah melakukan adaptasi terhadap badai COVID-19. Protokol kesehatan semakin ketat. Para pemain tak lagi diperbolehkan keluyuran bebas meninggalkan hotel.

"Paling ke luar untuk ke minimarket sebentar kemudian pulang. Tidak ada yang rekreasi ke luar, baik itu yang outdoor maupun indoor," jelas Arfan.

Beberapa klub juga memberikan perubahan terkait pembagian kamar klub. dr. Arfan menyebut Arema FC sudah menempatkan satu pemain dalam satu kamar, meski seluruh awak tim yang sempat COVID-19 sudah negatif.

Arfan menyebut apa yang dilakukan Arema FC sangat bagus dalam memutus rantai persebaran COVID-19. Beberapa klub juga sudah melakukan upaya pencegahan.

"Ada juga meeting tim yang membahas strategi melalui zoom, tidak lagi kumpul-kumpul melalui zoom. Jadi para pemain mendengarkan arahan pelatih melalui ponselnya di kamar masing-masing," papar dr. Arfan.

Arfan pun gembira dengan langkah tegas klub dalam menyikapi badai COVID-19. Diharapkan agar penundaan pertandingan Liga 1 2021/2022 bisa terhenti di angka dua saja.

Dua pertandingan yang sudah ditunda, yakni duel Madura United lawan Persipura Jayapura, serta Persib Bandung melawan PSM Makassar. Dua laga pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 akan dijadwal ulang. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)

Pssi PT LIB Liga 1 PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan