Bursa Transfer Lanjutan Liga 1: September-Oktober untuk Pemain Asing, Desember bagi Penggawa Lokal

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 28 September 2020
Bursa Transfer Lanjutan Liga 1: September-Oktober untuk Pemain Asing, Desember bagi Penggawa Lokal
Latihan Bali United. (Bali United)

BolaSkor.com - PSSI menjelaskan bursa transfer periode kedua mulai 21 September hingga 18 Oktober 2020 bagi tim Liga 1 2020, hanya diperuntukan untuk merekrut pemain asing. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Sebelumnya, Bursa transfer kompetisi sepak bola Indonesia pada awal musim (1 Januari-21 Maret) dan tengah musim (20 Juli-19 Agustus). Ini sesuai dengan jadwal semula sesuai kalender Transfer Machine System (TMS).

Pandemi Virus Corona (COVID-19) membuat bursa transfer tengah musim atau periode kedua tak terpakai, lantaran Liga 1 2020 dihentikan sementara. Saat Liga 1 2020 kembali ingin dilanjutkan, banyak pemain asing yang cabut karena tidak sepakat dalam renegosiasi kontrak sebesar 50 persen sesusai kebijakan PSSI.

Akhirnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi membuka bursa transfer Liga 1 dan Liga 2 2020 periode kedua, terhitung dari 21 September sampai 18 Oktober 2020. Hal ini disampaikan oleh PSSI lewat surat bernomor 1916/UDN/601/IX-2020 yang sudah dikirimkan langsung kepada para kontestan Liga 1 dan Liga 2. FIFA pun telah mengabulkan permintaan PSSI.

Baca Juga:

PT LIB Bisa Kembali Hentikan Kompetisi jika Kasus COVID-19 Terus Meningkat

PSSI Bantah Regulasi Klub Liga 1 Kalah jika Suporter Hadir, PT LIB: Tunggu Finalnya

Dalam regulasi lanjutan Liga 1 2020, terdapat Pasal 24 tentang "Periode Pendaftaran Pemain". Pada ayat ketiga berbunyi periode pendaftaran kedua dimulai pada 1 Desember-23 Desember 2020. Kemudian, pada Pasal 24A tentang "Periode Pendaftaran TMS" ayat ketiga yang berisikan periode pendaftaran kedua pada 21 September-18 Oktober 2020. Timbul pertanyaan bagaimana sistem bursa transfer periode kedua lanjutan Liga 1 2020.

"Yang Desember itu lokal. di situ (merujuk regulasi lanjutan Liga 1), ada yang asing, TMS. Yang lainnya untuk lokal," kata Yunus Nusi kepada wartawan.

"Kalau orang sepak bola, orang klub, pasti langsung paham. Tapi kalau orang yang tak senang, itu menjadi masalah lagi. Kalau klub-klub sudah paham, tak perlu dijelaskan, Mana asing mana lokal mereka sudah paham," tambahnya.

Dengan begitu, bursa transfer periode kedua dipecah menjadi dua bagian, untuk pemain asing dan lokal. Pemain asing pada 21 September hingga 18 Oktober 2020. Sementara untuk pemain lokal pada 1 hingga 23 Desember 2020.

Liga 1
Pembukaan Liga 1 2020 (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)



Tak sampai di situ, PSSI dan PT LIB melarang tim Liga 1 untuk mendatangkan pemain asing dari sesama peserta kompetisi. Dengan kata lain, setiap tim yang ingin mendatangkan pemain asing baru harus pemain yang belum terdaftar di klub kontestan Liga 1 2020.

"Klub hanya boleh merekrut pemain asing baru yang belum pernah terdaftar di klub Liga 1 lainnya yang didaftarkan pada periode pendaftaran tahap pertama," demikian bunyi ayat keempat Pasal 24 A.

"Pada periode pendaftaran pemain kedua klub tidak diperbolehkan melakukan pencabutan pemain atau transfer pemain dengan klub Liga 1 lainnya," tulis ayat ketiga Pasal 25.

Sementara itu, aturan pemain lokal hampir sama. Merujuk dari Pasal 25 ayat keempat, klub Liga 1 juga tidak diperbolehkan untuk mendatangkan pemain lokal dari kontestan Liga 2 2020.

"Pada periode pendaftaran kedua, klub hanya boleh melakukan penambahan pemain lokal dan asing baru sesuai dengan kuota pendaftaran yang masih tersedia, yang bukan berasal dari klub Liga 1 dan klub Liga 2," lanjut ayat keempat Pasal 25 regulasi Liga 1.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Yunus Nusi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan