Camp Nou Disambangi Polisi, Eks Presiden Barcelona Ditangkap

Arief HadiArief Hadi - Senin, 01 Maret 2021
Camp Nou Disambangi Polisi, Eks Presiden Barcelona Ditangkap
Camp Nou disambangi polisi (Twitter)

BolaSkor.com - Mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu ditangkap polisi terkait isu Barcagate yang sempat membuat geger Spanyol kala ia masih jadi presiden klub. Pihak kepolisian juga menangkap beberapa orang lainnya.

Pada Senin (01/03) pagi waktu setempat polisi mendatangi Camp Nou, stadion Barcelona meminta para petugas untuk meninggalkan ruang kerjanya untuk sementara waktu selagi melakukan penyelidikan dengan membawa surat izin.

Kepolisian Catalunya khusus dalam menangani masalah ekonomi setempat melanjutkan penyelidikan yang telah dimulai 2020 lalu.

Baca Juga:

Kejutan, Laporta Ingin Tunjuk Arteta Tukangi Barcelona

Antoine Griezmann Semakin Tak Dibutuhkan Barcelona

Pedri Pulang dengan Bantuan Tongkat, Barcelona Harap-Harap Cemas

Josep Maria Bartomeu

Bartomeu yang beberapa waktu lalu mengundurkan diri ditangkap, termasuk menurut Daily mail CEO Barca Oscar Grau, Roman Gomez Ponti Kepala Hukum Barca, Jaume Masferrer yang pernah menjadi penasihan Bartomeu dan nama lainnya.

Mereka akan dimintai keterangan polisi terkait isu Barcagate yang membuat heboh pada 2020 dan memanaskan isu internal Barcelona musim ini. Penangkapan itu juga terjadi di jelang pemilihan presiden baru Barcelona.

Apa itu Barcagate?

Pada Februari 2020 Cadena Serr, radio Spanyol melaporkan Barcelona menyewati perusahaan bernama I3 Ventures untuk menyebar pemberitaan negatif mengenai beberapa pemain penting (senior) klub.

I3 Ventures disinyalir melakukannya kepada mereka yang diduga menjadi 'lawan' atau tak sepaham dengan Bartomeu. Lionel Messi beserta istrinya (Antonela), Gerard Pique, Pep Guardiola, Xavi Hernandes, Carles Puyol, dan Joan Laporta (eks Presiden Barca) jadi target.

I3 Ventures memiliki banyak akun media sosial di Instagram, Facebook, dan Twitter. Barcelona membayar perusahaan itu besar dengan nominal kurang lebihnya mencapai satu juta euro hanya untuk 'menjatuhkan' mereka yang menentang Bartomeu.

Salah satu itu itu adalah Messi yang dinilai menunda pembicaraan kontrak barunya, isu yang memanaskan fakta sang pemain memang ingin pergi di awal musim ini.

Polisi Catalunya sudah menerima laporan sejak 2020. Meski penyelidikan dari perusahaan audit, PricewaterhouseCoopers menyatakan Barcelona tak bersalah dari tudingan itu, namun polisi melanjutkan penyelidikan.

Penangkapan Bartomeu dan orang lainnya tak memengaruhi performa pemain di lapangan, tapi kabar itu menambah panjang masalah Barcelona musim ini dari isu pergi Messi, performa tim di bawah Ronald Koeman, dan jelang pemilihan presiden baru.

Breaking News Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan