Campur Aduk Perasaan Joshua Kimmich Bermain di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 23 November 2022
Campur Aduk Perasaan Joshua Kimmich Bermain di Piala Dunia 2022
Joshua Kimmich (Twitter)

BolaSkor.com - Perhelatan Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung saat ini seharusnya menjadi kenikmatan atau kesenangan yang dapat dinikmati pemain, sebab tidak semua pemain 'beruntung' dapat bermain di event empat tahunan tersebut.

Akan tapi hal itu tidak dirasakan oleh pemain berusia 27 tahun asal Jerman, Joshua Kimmich. Kepada awak media gelandang Bayern Munchen itu mengaku impian masa kecilnya ternodai dengan fakta Piala Dunia 2022 dihelat di Qatar.

"Saya ingin menantikan Piala Dunia, bahkan jika itu terjadi di sini," ucap Kimmich sebagaimana dikutip dari ESPN.

"Ini adalah mimpi besar bagi kami semua, kami semua bersemangat. Kami semua ingin memainkan turnamen yang bagus, kami semua ingin menang besok (lawan Jepang) dan ya, bukan salah kami di mana Piala Dunia berlangsung."

Baca Juga:

Meksiko 0-0 Polandia: Robert Lewandowski Gagal Penalti

Argentina 1-2 Arab Saudi: Green Falcons Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah Albiceleste

Bintang Laga Meksiko Vs Polandia: Guillermo Ochoa Masih Bertaji

Campur aduk perasaan Kimmich itu terjadi karena perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar dipenuhi kontroversi, mulai dari isu terkait pelanggaran HAM hingga fakta yang dituturkan eks Presiden FIFA, Sepp Blatter, bahwa Piala Dunia 2022 tak seharusnya dihelat di Qatar.

Kimmich juga tak menikmati suasana Piala Dunia kali ini karena tidak ada pesta fans di tempat publik seperti biasanya, hingga bar atau pub ikut memboikot turnamen. Hanya sedikit bendera yang berkibar di balkon atau kaca mobil hingga antusiasme event tidak sebesar Piala Dunia lainnya.

"Saya tidak merasa ada kenikmatan sesungguhnya di sini," tambah Kimmich. "Kita semua berbicara soal fakta Piala Dunia diberikan di sini. Itu 12 tahun lalu saat saya berusia 15 tahun, dan sekarang entah mengapa saya selalu mengomentarinya. Saya tidak tahu apakah itu selalu dibenarkan."

Kendati demikian pemain yang bermain untuk Jerman di Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020 itu juga menegaskan para pemain tetap profesional, apalagi Piala Dunia selalu jadi turnamen besar bagi pesepak bola.

"Tapi kami juga harus mengatur keseimbangan ini dengan fokus pada sisi olahraga. Maksud saya terlepas dari di mana Piala Dunia berlangsung, ini adalah Piala Dunia, ini adalah kompetisi terbesar bagi kami para pemain sepak bola," imbuh Kimmich.

"Ini adalah mimpi masa kecil yang besar untuk bermain besok, namun entah bagaimana saya merasa bahwa itu selalu dibicarakan sedikit atau Anda tidak dapat benar-benar menantikannya."

Jerman arahan Hans-Dieter Flick akan memulai perjalanan grup E Piala Dunia 2022 melawan Jepang di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11) pukul 20.00 WIB.

Jerman Timnas Jerman Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Joshua Kimmich
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan