BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku sudah memiliki cara yang efektif untuk bisa menjauhkan para pemain Timnas Indonesia U-16 dari rasa kejenuhan. Dari mulai turnamen gim virtual, sampai dengan menghafal Al-quran.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 sedang menjalani pemusatan latihan atau training centre (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, sejak 6 Juli 2020, sampai dengan 29 Juli 2020. TC kali memang berbeda dengan TC-TC sebelumnya.

TC digelar di bawah protokol kesehatan yang ketat oleh tim pelatih Timnas Indonesia U-16. Salah satu aturan yang diterapkan adalah seluruh elemen tim tidak diperkenankan meninggalkan hotel kecuali untuk keperluan yang sifatnya mendesak.

Baca Juga:

Hasil Swab Pemain dan Ofisial Timnas Indonesia U-16, Negatif COVID-19

Mengintip Persiapan Arab Saudi, Lawan Timnas Indonesia U-16 yang Sudah Jajal 5 Tim Eropa

Aturan tersebut tentunya bisa menimbulkan rasa bosan. Oleh karena itu, Bima mengaku punya beberapa cara agar anak-anak asuhnya tidak dilanda rasa bosan. Salah satunya adalah dengan membuat turnamen salah satu game di console PlayStation 4 dan Mobile Legends untuk ponsel.

"Kami sudah membuat formula. Saya meminta tolong untuk dibelikan PS 4. Nanti kita bikin turnamennya. Kami juga adakan lomba Mobile Legends, jurinya Coach Markus (Horison). Nanti dibikin grup 5 vs 5. Itu mungkin formula supaya mereka tidak bosan," ujar Bima.

"Kalau biasanya mereka akhir pekan pulang ke rumah, biasa ke Mall. Mereka harus tahan dulu sampai situasi menjadi baik," jelasnya.

Selain gim virtual, mantan kapten Timnas Indonesia era 1990an ini juga memiliki cara lain membosankan pemain. Bagi yang beragama Islam, Bima ingin para pemainnya menghafal sura-surat- Al-Quran dan nantinya akan mendapat hadiah dari Bima Sakti.

"Saya akan nilai 29 Juli nanti. Tolong hafal surat-surat Al-Quran. Siapa yang paling banyak hafal akan dapat hadiah khusus dari saya," pungkasnya.