Catatan Menarik dari Community Shield 2022: Sapu Bersih Trofi Domestik Jurgen Klopp

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 31 Juli 2022
Catatan Menarik dari Community Shield 2022: Sapu Bersih Trofi Domestik Jurgen Klopp
Jurgen Klopp (@LFC)

BolaSkor.com - Community Shield 2022 telah dihelat di King Power Stadium, Sabtu (30/07) malam WIB. Juara bertahan Piala FA, Liverpool, sukses mengalahkan juara bertahan Premier League Manchester City dengan skor telak 3-1.

Penguasaan bola kedua tim relatif ketat. Liverpool punya penguasaan 42 persen berbanding 58 Man City, melepaskan 15 tendangan (empat tepat sasaran) dan 14 tendangan Man City (delapan tepat sasaran).

Liverpool lebih efisien mengonversinya jadi gol melalui Trent Alexander-Arnold (21'), penalti Mohamed Salah (83'), dan Darwin Nunez (90+4') yang diperkecil gol penyerang asal Argentina, Julian Alvarez (70').

Liverpool pun menjadi tim kedua, berbagi dengan Arsenal, sebagai tim peraih Community Shield terbanyak dengan 16 trofi. Urutan satu masih ditempati Manchester United dengan total 21 trofi Community Shield.

Baca Juga:

Daftar Juara Community Shield dalam Kurun Waktu 12 Tahun Terakhir

Liverpool 3-1 Manchester City: The Reds Samai Rekor Community Shield Arsenal

Profil Calon Juara dan Kuda Hitam Premier League 2022-2023

Selain itu juga, menurut Squawka Jurgen Klopp memastikan sapu bersih titel domestik di Inggris. Klopp sudah memenangi Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan kini melengkapinya dengan Community Shield.

"Semuanya (Klopp senang dengan laga tersebut), saya menyukai keseluruhan permainan. Kami sedini itu (di musim), saya suka masalah yang kami miliki dalam permainan, terutama ketika Anda menang. Saya sangat menyukai masalah karena Anda harus mengerjakannya. Saya tahu kami harus bekerja," terang Klopp di laman resmi Liverpool.

"Bagi saya laga tadi menarik untuk dilihat. Ini adalah lawan paling sulit yang bisa Anda dapatkan. Mereka tidak menjadi lebih buruk, atau apapun, mereka hanya memperkuat dan meningkatkan dan berkembang dan Anda melihat skuad, para pemain yang bisa mereka bawa."

"Skuad (Man City) sangat berpengalaman (dan) kualitasnya terbukti dan kami memiliki ruang untuk meningkatkan kualitas dari bangku cadangan, tetapi saya sangat bersemangat tentang itu, (tentang) apa yang akan terjadi di sana."

Selain jumlah Community Shield yang sudah dimenangi dan rekor Jurgen Klopp, BolaSkor.com juga merangkum catatan menarik lainnya. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Kapten Liverpool, Jordan Henderson, sudah memenangi semua trofi yang berpotensi diraih sebagai kapten: Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, Premier League, Piala FA, Piala Liga, Community Shield.

2. Mo Salah mencetak gol pertamanya di Community Shield, setelah sebelumnya gagal melakukannya di musim 2019-2020 dan 2020-2021.

3. Darwin Nunez jadi pemain keempat yang mencetak gol debut untuk Liverpool besutan Jurgen Klopp, setelah Sadio Mane, Mo Salah, dan Virgil van Dijk.

4. Mo Salah telah terlibat langsung pada 13 gol untuk Liverpool melawan Man City (delapan gol dan lima assists). Catatan terbanyak melawan satu tim kala membela Liverpool.

5. Julian Alvarez jadi pemain Argentina ketiga yang mencetak gol di Community Shield, sebelumnya ada Sergio Aguero (dua kali) dan Carlos Tevez. Ketiganya saat membela Man City.

Community Shield Liverpool Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.242

Bagikan