BolaSkor.com - Premier League 2022-2023 akan segera dimulai pada pekan depan. Lantas, bagaimana dengan peta persaingan juara musim ini? Kemudian, apakah ada kuda hitam yang akan mengganggu para calon juara yang sudah ada.

Manchester City menjadi juara edisi terakhir dengan mengungguli Liverpool yang ada di posisi kedua. Itu adalah gelar juara The Citizens yang kedelapan. Empat di antaranya diraih pada lima musim terakhir.

Namun, Man City tidak bisa besar kepala. Para pesaingnya terus memperbaiki diri dan siap menikung.

Baca Juga:

Resmi Diperkenalkan, Lisandro Martinez Janjikan Kesuksesan untuk Manchester United

Lisandro Martinez dan Rekam Jejak Pemain Argentina di Manchester United

Lisandro Martinez dan 5 Bek Pendek Terbaik yang Sukses di Eropa

Berikut ini adalah profil calon juara dan kuda hitam Premier League 2022-2023:

Calon Juara

Manchester City

Stadion: Etihad Stadium

Pelatih: Pep Guardiola

Posisi Musim Lalu: Juara

Sulit menghapus Manchester City dari peta persaingan juara pada musim 2022-2023. The Citizens memiliki berbagai hal untuk dicap sebagai kandidat terkuat juara Premier League.

Manchester City memang hanya unggul satu poin dari Liverpool yang ada di peringkat kedua musim kemarin. Namun, jalan yang ditempuh Pep Guardiola dan kawan-kawan tidak mudah karena sempat tertinggal dengan jarak cukup jauh pada awal musim.

Kemudian, dengan mental juara, materi pemain mumpuni, dan ramuan strategi Guardiola, Man City melesat ke tangga tertinggi. Man City hanya merasakan tiga kekalahan.

Pada musim ini, Man City terus berbenah. Guardiola dimanjakan dengan masuknya dua pemain anyar yakni Erling Haaland dan Kalvin Philips.

Memang, Man City juga kehilangan beberapa pemain pentingnya seperti Gabriel Jesus dan Raheem Sterling. Namun, materi pemain Man City diyakini tetap jadi yang terkuat di Premier League. Apalagi, Man City juga masih punya waktu untuk memboyong pemain-pemain incaran.

Liverpool

Stadion: Anfield

Pelatih: Jurgen Klopp

Posisi Musim Lalu: Peringkat Kedua

Liverpool menjadi kandidat kedua untuk keluar sebagai juara Premier League musim ini. The Reds tentunya punya ambisi lebih setelah hanya menjadi posisi kedua pada musim lalu.

Sejatinya, penampilan Liverpool sudah cukup baik pada musim 2021-2022. The Reds mampu bersaing hingga laga pamungkas dengan Man City. Selain itu, Liverpool juga menembus final Liga Champions.

Liverpool juga melakukan langkah menarik di bursa transfer. Darwin Nunez bergabung dari Benfica dengan mahar 75 juta euro. Meskipun, Sadio Mane memilih hengkang ke Bayern Munchen.

Apa yang dibutuhkan Liverpool adalah konsistensi. Pasukan Jurgen Klopp terlalu banyak meraih hasil imbang pada musim lalu sehingga dikejar Man City.

Andai konsisten dan tidak diganggu badai cedera, Liverpool punya peluang besar menghentikan dominasi Man City. Apalagi, Liverpool memiliki materi pemain yang tidak berbeda jauh dari The Citizens.

Kuda Hitam

Tottenham Hotspur

Stadion: Tottenham Hotspur Stadium

Pelatih: Antonio Conte

Posisi Musim Lalu: Keempat

Antonio Conte dianggap membuat keajaiban dengan membawa Tottenham Hotspur menembus Liga Champions musim lalu. Kini, bukan tidak mungkin giliran gelar juara yang digapai.

Bukan hal yang mudah menukangi Tottenham bagi Conte. Pelatih asal Italia itu merasa Tottenham memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.

Meski demikian, pada musim debutnya, Tottenham diubah menjadi klub yang cukup tangguh. Tottenham mengakhiri kompetisi dengan menempati posisi keempat.

Melihat sinyal positif itu, manajemen The Lilywhites memanjakan Conte pada bursa transfer. Richarlison, Yvess Bissouma, Djed Spence, Clement Lenglet, dan Ivan Perisic adalah beberapa nama yang bergabung dengan Tottenham pada musim panas ini.

Kehadiran pemain-pemain itu diyakini akan membuat Conte semakin bisa menerapkan taktik andalannya yang mengusung tiga bek. Oleh karena itu, Tottenham bisa menjadi lawan yang menyulitkan bagi calon juara.

Manchester United

Stadion: Old Trafford

Pelatih: Erik ten Hag

Posisi Musim Lalu: Keenam

Manchester United biasanya menjadi tim calon juara di Premier League. Namun, dengan fakta The Red Devils sudah lama tidak pernah menjadi pemenang, bukan hal yang aneh jika hanya menjadi kuda hitam.

Penampilan Man United pada musim lalu memang mengecewakan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya menempati posisi keenam klasemen akhir dan tidak lolos ke Liga Champions.

Hasil tersebut membuat Man United memperbaiki diri. Erik ten Hag ditujuk sebagai pelatih anyar yang bertugas melakukan revolusi.

Dampak Ten Hag di belakang kemudi pun mulai terlihat. Dalam pertandingan uji coba, Man United tampil dengan cukup baik. Aliran bola menjadi lebih lancar dan tertata.

Sejumlah armada baru pun juga berdatangan. Lisandro Martinez, Christian Eriksen, dan Tyrell Malacia siap membuat Man United jadi lebih kompetitif.

Man United diyakini akan fokus pada Premier League musim depan karena hanya akan berlaga di Liga Europa. Jika para pemain Setan Merah mampu menjalankan taktik Erik ten Hag dengan baik, mengganggu persaingan Man City dan Liverpool di posisi teratas bukanlah hal yang mustahil.