Chelsea 3-1 Luton: Abraham Samai Catatan Lampard di Piala FA

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 24 Januari 2021
Chelsea 3-1 Luton: Abraham Samai Catatan Lampard di Piala FA
Tammy Abraham (twitter/chelseafc)

BolaSkor.com - Chelsea memastikan tempat di babak kelima Piala FA setelah menyingkirkan Luton Town, Minggu (24/1) malam WIB. Pada laga di Stadion Stamford Bridge, Chelsea menang 3-1.

Ketiga gol Chelsea disumbang Tammy Abraham (11, 17, dan 74). Abraham menyamai pencapaian sang manajer Frank Lampard sebagai pemain asal Inggris yang mencetak hat-trick bagi Chelsea di ajang Piala FA. Lampard sendiri melakukannya pada Januari 2007.

Untuk laga ini manajer Chelsea Frank Lampard melakukan tujuh perubahan dari skuat yang turun melawan Leicester City. Kali ini Lampard menurunkan Kepa Arrizabalaga, Kurt Zouma, Andreas Christensen, Emerson, Hakim Ziyech, Billy Gilmour, dan Timo Werner.

Baca Juga:

Posisi Frank Lampard Goyah, Chelsea Dekati Julian Nagelsmann

Sejarah Jose Mourinho Sulitkan Allegri Latih Chelsea

Para Pemain Harus Bertanggung Jawab atas Keterpurukan Chelsea

Peluang pertama sudah diciptakan Chelsea saat laga berjalan sembilan menit. Ziyech melepaskan umpan terobosan apik yang dikejar Tammy Abraham. Namun kiper Luton Simon Sluga dengan sigap keluar dari sarangnya untuk membendung usaha Abraham.

Selang satu menit kemudian, Abraham tidak membuang peluang yang didapatnya. Menerima umpan silang Timo Werner, Abraham melepaskan sepakan yang diarahkan ke pojok kanan. Bola meluncur ke dalam gawang tanpa bisa dijangkau Sluga.

Chelsea terus mendominasi jalannya permainan. Tekanan terus dilakukan tuan rumah, terutama dari kedua sisi lapangan.

Pada menit ke-17, Chelsea menggandakan keunggulan kembali lewat Abraham. Kali ini dia dengan cerdik melambungkan bola lewat sundulannya setelah menerima umpan congkel Reece James. Chelsea unggul 2-0.

Luton membuat kejutan dengan mampu menjebol gawang Chelsea pada menit ke-30. Gol lahir karena kesalahan fatal kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga yang gagal menjinakkan sepakan Jordan Clark. Skor berubah 2-1.

Sekitar lima menit kemudian, Abraham nyaris mampu mencetak hat-trick. Namun Abraham gagal menjangkau bola hasil umpan silang James dari sisi kanan.

Di akhir-akhir babak pertama, Luton mencoba memburu gol penyama sebelum jeda. Namun hingga paruh pertama berakhir skor 2-1 untuk Chelsea tidak berubah.

Di babak kedua, kendali permainan masih dipegang Chelsea yang di paruh pertama mencatat penguasaan bola lebih dari 70 persen.

Saat babak kedua baru berjalan empat menit, The Blues mendapatkan peluang emas lewat Christian Pulisic. Namun aksi berani kiper Luton berhasil mematahkan peluang Pulisic.

Chelsea terus menggedor benteng pertahanan Luton. Berulang kali Ziyech, Pulisic, dan Werner melakukan tusukan yang menyulitkan barisan belakang Luton.

Saat laga genap satu jam, justru Luton yang mendapatkan peluang lewat Harry Cornick. Namun bola sepakan keras Cornick berhasil diblok Kepa. Kepa kembali harus beraksi pada menit 64.

Chelsea mendapatkan kesempatan memperlebar keunggulan pada menit 71. Callum Hudson-Odoi yang baru masuk menggantikan Pulisic melepaskan umpan silang akurat. Namun bola tandukan Abraham melenceng dari sasaran.

Selang tiga menit kemudian, Abraham membayar lunas kegagalannya. Kali ini Abraham tidak membuang umpan Hudson-Odoi dari sisi kiri sekaligus mencatat hat-trick. Skor 3-1 untuk The Blues.

Lima menit jelang waktu normal, Chelsea mendapatkan penalti setelah Werner dijatuhkan Clark di kotak penalti. Werner yang mengambil penalti gagal menjalankan tugasnya. Bola sepakannya dengan mudah dibendung Sluga.

Hingga pertandingan usai, skor 3-1 untuk Chelsea tidak berubah. Di babak kelima Piala FA, Chelsea akan melawan Barnsley pada laga tandang.


Susunan Pemain

Chelsea (4-4-2): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Kurt Zouma, Andreas Christensen, Emerson; Hakim Ziyech (Havertz 76), Mason Mount (Kovacic 84), Billy Gilmour, Christian Pulisic (Hudson-Odoi 70); Timo Werner, Tammy Abraham (Giraoud 76).

Luton (4-1-4-1): Simon Sluga; James Bree (LuaLua 61), Tom Lockyer, Glen Rea (Potts 46), Sonny Bradley; Pelly-Ruddock Mpanzu; Jordan Clark, Ryan Tunnicliffe (Berry 61), Kiernan Dewsbury-Hall, Kal Naismith (Moncur 77); Harry Cornick (Collins 61).

Piala FA Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan