Chelsea Jaga Catatan Bagus di Laga Pembuka, Jorginho Raja Penalti

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 07 Agustus 2022
Chelsea Jaga Catatan Bagus di Laga Pembuka, Jorginho Raja Penalti
Selebrasi gol Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea keluar dari markas Everton, Goodison Park, dengan raihan tiga poin di laga pertama Premier League 2022-2023, Sabtu (06/08) malam WIB. The Blues menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol penalti Jorginho (45+9').

Penalti terjadi ketika Abdoulaye Doucoure menjatuhkan Ben Chilwell di kotak terlarang. Jorginho, dengan pengalamannya mengambil tendangan penalti, tidak menyiakan peluang tersebut. Gol itu jadi penentu kemenangan Chelsea.

Kemenangan 1-0 sedianya tidak menggambarkan jalannya laga. Chelsea punya 63 persen penguasaan bola, menciptakan 15 tendangan dan enam di antaranya tepat sasaran. Namun tidak ada satu pun yang berbuah gol - selain penalti. Chelsea tidak efisien.

Baca Juga:

Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Rekrutan Baru Chelsea, Marc Cucurella

Cesar Azpilicueta Perpanjang Kontrak, Barcelona Fokus Kejar Marcos Alonso

Everton 0-1 Chelsea: Penalti Jorginho Jadi Pembeda

Sebaliknya Everton cukup mengancam dengan 37 persen penguasaan bola, tetapi dapat menciptakan delapan tendangan dan empat tepat sasaran. Kiper Chelsea, Edouard Mendy, tampil gemilang dan sigap di laga itu hingga akhirnya mencatatkan clean sheets dan mengukir catatan menarik.

"Edouard Mendy, kiper Chelsea mencatatkan clean sheets dari 47 persen dirinya jadi starter di Premier League (31 dari 66 laga) - hanya Ederson (50 persen) yang punya catatan rasio clean sheets lebih tinggi di antara kiper yang setidaknya jadi starter 50 kali," tutur @OptaJoe.

Selain catatan dari Mendy, Jorginho juga mempertegas statusnya sebagai raja penalti bagi Chelsea. Pemain berusia 30 tahun kini jadi top skorer kedua Chelsea dari penalti setelah sang legenda, Frank Lampard (41 gol penalti). Jorginho mencetak 18 gol penalti dan melalui 17 gol penalti Eden Hazard.

Ditambahkan dari data Opta, Jorginho telah mencetak 20 gol di Premier League dengan 90 persen dari gol itu dicetak dari penalti (18 gol dari 20 gol), persentase tertinggi dari pemain mana pun dengan setidaknya 10 gol di kompetisi.

Chelsea juga kini jadi dua tim selain Manchester United, dalam sejarah Premier League, yang memenangi 20 laga pembuka musim.

'Kemenangan adalah kemenangan dan tentu saja sangat penting untuk membangun kepercayaan diri sekarang, untuk membangun kepercayaan, untuk membangun suasana," tutur Thomas Tuchel di laman resmi Chelsea.

"Tetapi kami juga harus terbuka untuk peningkatan, terbuka untuk kritik, karena ada banyak hal yang harus diperbaiki."

"Tetapi ada juga hal-hal baik untuk diambil. Chelsea telah berjuang untuk mengambil poin di sini di musim terakhir dan kami mendapatkan ketiganya dengan clean sheets."

Chelsea Premier League Jorginho Everton
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan