BolaSkor.com - Timnas China U-23 ikut mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Kepastian ini lewat pengumuman yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola China (CFA).

Dalam keterangannya, keputusan ini dibuat terkait pencegahan dan pengendalian pandemi serta pembatasan penerbangan.

"Tim sepak bola putra China U-22 tidak dapat pergi ke Tajikistan seperti yang direncanakan, untuk berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Kami harus menyesal mengundurkan diri dari kompetisi," demikian pernyataan CFA seperti dikutip dari Sohu.

Baca Juga:

Pemain Senior Kembali ke Klub, Timnas U-23 Berangkat ke Tajikistan

Bagus Kahfi Tak Sabar Bergabung ke Timnas Indonesia U-23

Timnas China U-23 awalnya masuk ke dalam Grup G bersama dengan Australia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Brunei sudah lebih dulu menyatakan mengundurkan diri.

Keputusan ini tentu setelah konsultasi dan koordinasi dengan otoritas tertinggi, terkait pencegahan pandemi.

Ketika Grup G masih dijadwalkan di Indonesia, Timnas China U-23 sudah tidak disarankan untuk ikut. Terlebih saat itu, pandemi di Indonesia masih tinggi.

CFA kemudian melaporkan kembali rencana setelah Grup G dipindah ke Tajikistan. Namun seperti dilaporkan, Timnas China U-23 tidak mendapat lampu hijau untuk pergi.

Apalagi pengaturan lapangan latihan, hotel di Tajikistan tak sesuai dengan pemikiran CFA terkait pencegahan pandemi.

Dijelaskan bahwa tujuh tim dari dua grup (B dan G) yang dihelat di Tajikistan dibagi di tiga hotel. Sementara hanya dua tempat latihan yang disediakan untuk dipergunakan tujuh tim. Sedangkan hanya satu stadion yang dipakai, yakni Stadion Central di Dushanbe.