BolaSkor.com - Timnas Jepang memperlihatkan tekad kuat yang seolah menggambarkan bahwa mereka tidak ingin 'berlibur' di Copa America 2019. Usai kalah telak dari Chili di laga pembuka grup C, Jepang menahan imbang Uruguay.

Bermain di Arena do Gremio, Jumat (21/6) pagi WIB, Jepang mampu memaksakan hasil imbang melawan tim dengan raihan titel Copa America terbanyak itu. Dalam laga itu, pemain muda Yokohama F. Marinos, Koji Miyoshi, menjadi bintang laga.

Pemain berusia 22 tahun melesakkan dua gol ke gawang Fernando Muslera di menit 25 dan 59. Sementara dua gol Uruguay asuhan Oscar Tabarez dilesakkan penalti Luis Suarez (32') dan gol Jose Maria Gimenez di menit 66.

Baca Juga:

Copa America 2019: Lionel Messi Selamatkan Argentina dari Kekalahan

Copa America 2019: Jepang Hancur Lebur di Tangan Juara Bertahan

Pelatih Paraguay Tolak Keberadaan Jepang dan Qatar di Copa America 2019

Luis Suarez di tengah hadangan bek-bek Jepang

Lagi-lagi, VAR (Video Asisten Wasit) menjadi kontroversi dalam laga tersebut. Jepang bisa saja meraih kemenangan jika VAR tidak 'beraksi' di pertandingan yang sudah berjalan seru dengan intensitas tinggi tersebut.

Keputusan VAR cukup kontroversi kala memberikan penalti di babak pertama saat Edinson Cavani jatuh di area terlarang. Tapi di awal babak kedua, uniknya, wasit mengabaikan untuk meninjau kembali VAR pada insiden yang sama dalam situasi yang dialami Jepang - mereka tidak mendapat penalti.

"Tidak pernah penalti untuk Uruguay. Tidak pernah. (sepakan) Cavani gagal mengenai bola, oleh karenanya mengenai kaki bek. Kasihan Jepang, mereka tidak layak (bermain imbang karena bisa menang)," tutur koresponden beIN Sports, Tancredi Palmeri.

Atas hasil tersebut, Uruguay kini masih ada di puncak klasemen dengan raihan empat poin dari dua laga yang sudah berlangsung, diikuti Chili (tiga poin dari satu laga), Jepang (satu poin), dan Ekuador. Laga Ekuador melawan Chili baru akan berlangsung Sabtu (22/6) pagi WIB.

Uruguay menguasai pengusaan bola sebanyak 58 persen berbanding 42 persen Jepang - relatif ketat. Mereka melepaskan total 29 percobaan tendangan berbanding 12 Jepang, 10 tepat sasaran berbanding tiga. Jepang lebih efektif mengonversi peluang yang mereka miliki.

Susunan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Diego Laxalt, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Martin Caceres; Nicolas Lodeiro, Rodrigo Bentancur, Lucas Torreira, Nahitan Nandez; Edinson Cavani, Luis Suarez

Pelatih: Oscar Tabarez

Jepang (4-4-2): Eiji Kawashima; Daiki Sugioka, Takehiro Tomiyasu, Naomichi Ueda, Tomoki Iwata; Shoya Nakajima, Ko Itakura, Gaku Shibasaki, Koji Miyoshi; Hiroki Abe, Shinji Okazaki

Pelatih: Hajime Moriyasu