Copa del Rey: Taktik Jitu Carlo Ancelotti Bawa Real Madrid ke 16 Besar

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 04 Januari 2023
Copa del Rey: Taktik Jitu Carlo Ancelotti Bawa Real Madrid ke 16 Besar
Real Madrid hanya mampu menang 1-0 saat bertandang ke markas tim divisi keempat, Cacereno pada babak 32 besar Copa del Rey. (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid sukses mengawali kiprahnya di Copa del Rey 2022-2023 dengan mulus. Tim asuhan Carlo Ancelotti berhasil mengalahkan wakil divisi empat, Cacereno.

Dalam laga yang berlangsung di Principe Felipe Stadium, Rabu (4/1) dini hari WIB, Madrid mengalahkan Cacereno dengan skor tipis 1-0. Kemenangan ini membawa Los Blancos melaju ke babak 16 besar.

Meski sang lawan berasal dari divisi yang jauh di bawah, Madrid tidak bisa meraih kemenangan dengan mudah. Padahal klub ibu kota Spanyol itu tampil dengan mayoritas pemain inti.

Baca Juga:

Angin Segar untuk Karim Benzema

Real Madrid Kejar Jude Bellingham, Bagaimana Nasib Luka Modric?

Tahun 2022 Tinggalkan Kesan Mendalam untuk Carlo Ancelotti

Kondisi rumput lapangan yang buruk menjadi salah satu penyebabnya. Madrid tidak bisa leluasa mengembangkan permainan.

Gol tunggal kemenangan Madrid bahkan baru tercipta pada menit ke-69. Itu juga terjadi berkat aksi individu Rodrygo yang diakhiri dengan tembakan akurat ke pojok gawang.

Ancelotti mengakui timnya tidak menunjukkan permainan bagus dalam pertandingan ini. Namun hal tersebut tak lepas dari taktik yang diterapkannya.

Ancelotti ternyata sangat memperhitungkan faktor lapangan yang tak ideal. Maka dari itu ia mengubah gaya bermain Madrid demi mengamankan kemenangan.

"Itu adalah pertandingan yang ketat dan membutuhkan kerja keras. Ada banyak duel dan bola panjang yang ditampilkan," kata Ancelotti usai laga.

"Tim telah menyelesaikan tugasnya dan saya senang karena ini bukan jenis pertandingan yang biasa kami lakukan."

"Kualitas individu muncul melawan lapangan di mana kami tidak bisa mengoper bola dengan tajam. Itu sebabnya kami memilih bola yang lebih panjang dan kami mampu beradaptasi," tambahnya.

Meski bermain dengan gaya bermain berbeda, Ancelotti tetap merasa puas. Salah satu alasannya karena lini pertahanan mampu tampil disiplin.

Cacereno tercatat hanya mampu melepaskan satu tembakan ke gawang sepanjang 90 menit. Padahal Madrid menurunkan Andriy Lunin yang berstatus pelapis Thibaut Courtois di bawah mistar.

"Saya suka dengan apa yang saya lihat secara keseluruhan. Kami tahu kami akan menghadapinya dalam suasana seperti ini," kata Ancelotti lagi.

"Kami tidak mengambil risiko apapun di lini belakang dan kami mencatatkan clean sheet untuk pertandingan kedua secara beruntun."

Real Madrid Carlo Ancelotti Copa del Rey Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan