Cristiano Ronaldo dan Pengaruhnya di Timnas Portugal yang Mulai Memudar

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 18 November 2020
Cristiano Ronaldo dan Pengaruhnya di Timnas Portugal yang Mulai Memudar
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo merupakan andalan Timnas Portugal selama hampir dua dekade terakhir. Namun pengaruh pemain berusia 33 tahun itu secara perlahan mulai memudar.

Portugal gagal mempertahankan gelar juara UEFA Nations League yang direbutnya tahun lalu. Langkah tim asuhan Fernando Santos harus terhenti di fase grup karena kalah bersaing dengan Prancis.

Kegagalan itu secara tak langsung dipengaruhi oleh performa Ronaldo. CR7 gagal tampil maksimal dalam tiga laga terakhir.

Baca Juga:

Kisah Unik Cristiano Ronaldo yang Selalu Tukar Jersey dengan Adil Rami

Tahun 2020 yang Tidak Bersahabat untuk Cristiano Ronaldo

Kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United Masih Sebatas Khayalan

Cristiano Ronaldo

Ronaldo memang melewati tiga penampilan terakhirnya di ajang UEFA Nations League kontra Prancis (dua kali) dan Kroasia tanpa torehan assist dan gol. Beruntung Portugal masih mampu meraih dua kemenangan meski juga kalah satu kali.

Namun satu-satunya kekalahan Portugal yang terjadi pada pertemuan kedua kontra Prancis berdampak fatal. Hasil minor itu memastikan terhentinya usaha mereka untuk mempertahankan gelar juara.

Di sela-sela tiga laga tersebut, Ronaldo memang sempat menyumbang satu gol untuk Portugal. Namun hal itu ia lakukan di laga uji coba melawan tim sekelas Andorra.

Menurunnya performa Ronaldo beruntung masih bisa ditutupi oleh bintang Portugal lain. Hal ini setidaknya sedikit membuat tenang Santos.

Sebaliknya, penurunan performa Ronaldo bersama Timnas Portugal bisa berdampak buruk terhadap sang pemain. Seperti diketahui, bintang Juventus itu tengah memburu rekor top skorer internasional atas nama Ali Daei.

Minimnya kontribusi dalam beberapa pertandingan terakhir tentu membuat Ronaldo kesulitan mengejar selisih tujuh gol dengan omber legendaris Iran tersebut. Kepercayaan dirinya secara tak langsung juga akan terpengaruh andai tak segera kembali mencetak gol.

Masalahnya, jeda internasional tahun ini telah berakhir. Portugal baru akan berlaga kembali pada pertengahan 2021 di ajang Piala Eropa.

Cristiano Ronaldo Timnas Portugal Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan