BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo akan kembali menjadi tumpuan serangan Portugal saat menantang Jerman pada laga kedua grup F Piala Eropa 2020. Namun CR7 nyatanya punya rekor yang cukup buruk kala bersua Der Panzer.

Laga kedua tim unggulan tersebut akan berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (19/6) pukul 23.00 WIB. Portugal butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Portugal mengawali kiprahnya di Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Hungaria 3-0. Dua dari tiga gol tim asuhan Fernando Santos dicetak oleh Ronaldo.

Baca Juga:

Prediksi Portugal Vs Jerman: Der Panzer di Ujung Tanduk

Piala Eropa 2020: Deretan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs Jerman

Bintang Laga Hungaria Vs Portugal: Cristiano Ronaldo yang Tak Lekang oleh Waktu

Hal itu membuat Ronaldo resmi menjadi top skorer sepanjang masa Piala Eropa dengan koleksi 11 gol. Sebelum turnamen, ia memegang rekor tersebut bersama Michel Platini.

Namun Ronaldo tidak akan puas begitu saja. Ia punya satu rekor lain yang harus dipecahkan yaitu top skorer sepanjang masa di level internasional milik Ali Daei.

Ronaldo kini sudah mengemas 106 gol bersama Portugal. Ia membutuhkan tambahan empat gol untuk memecahkan rekor Ali Daei.

Laga kontra Jerman menjadi kesempatan emas Ronaldo untuk memangkas jarak dengan legenda Iran tersebut. Apalagi tim asuhan Joachim Low tidak dalam kondisi terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Low sendiri mengakui Ronaldo memiliki naluri gol yang tinggi. Namun ia tidak berencana memberikan pengawalan khusus kepada pemain Juventus tersebut.

“Portugal tidak hanya memiliki Cristiano Ronaldo dalam serangan, tetapi empat atau lima pemain lain dengan kemampuan luar biasa. Mereka mampu menentukan pertandingan besar seperti ini," kata Low di situs resmi UEFA.

Rekor Ronaldo

Memang bukan perkara mudah bagi Ronaldo untuk membobol gawang Jerman. Pemain berusia 36 tahun tersebut bahkan belum pernah melakukannya.

Ronaldo tercatat sudah empat kali bertemu Jerman di turnamen besar. Namun tak sekalipun ia mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Pertemuan pertama Ronaldo dengan Jerman tersaji di laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2006. Saat itu Portugal takluk dengan skor 1-3.

Satu-satunya gol balasan Portugal dicetak oleh Nuno Gomes. Padahal Ronaldo bermain penuh selama 90 menit.

Ronaldo kemudian coba memperbaiki peruntungannya kala bertemu di perempat final Piala Eropa 2008. Namun lagi=lagi ia gagal mencetak gol saat Jerman menang 3-2 atas Portugal.

Empat tahun berselang, Jerman dan Portugal tergabung di grup yang sama pada Piala Eropa 2012. Ronaldo tengah berada di usia emas untuk mengakhiri rekor buruknyua.

Namun hasil minor kembali diraih Ronaldo dan Portugal. Jerman mampu menutup laga dengan kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal Mario Gomez.

Sementara pada pertemuan terakhir kedua tim, Ronaldo dan Portugal dibuat tak berkutik. Jerman menang dengan skor telak 4-0 pada fase grup Piala Dunia 2014 yang diwarnai hat-trick Thomas Muller.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini