BolaSkor.com - Timnas Prancis akan selamanya dilihat sebagai salah satu kekuatan besar sepak bola di Eropa dan juga dunia. Regenerasi dalam skuad berjuluk Les Bleus terus berjalan setiap tahunnya, bahkan saking banyaknya talenta Prancis bisa dibagi jadi dua tim.

Terlebih Prancis juga berprestasi di kancah Eropa dan dunia melalui raihan dua titel Piala Dunia dan dua Piala Eropa. Pemain-pemain legendaris juga mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola dunia semisal Zinedine Zidane, Just Fontaine, Michel Platini, hingga Thierry Henry.

Baca Juga:

5 Laga Seru yang Dapat Dinikmati di Jeda Internasional September

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Al-Bayt Stadium, Bermain Bola di Bawah Tenda

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Lusail Stadium, Venue Final dan Terbesar di Qatar

Berbicara mengenai Prancis, menarik untuk sama-sama melihat daftar lima pemain yang saat ini bercokol pada catatan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis. Tiga di antara lima nama itu masih aktif bermain dan salah satunya berpotensi jadi yang terbaik, siapa saja?

5. Karim Benzema - 37 Gol

Lima tahun hiatus membela timnas Prancis terkait skandal video seks yang melibatkan Mathieu Valbuena, Karim Benzema jadi tak banyak mencetak gol lagi dengan timnas Prancis dan kini usianya sudah berumur 34 tahun.

37 gol dari 97 caps dicatatkan striker Real Madrid itu dengan timnas Prancis. Dia memulai debutnya pada Maret 2007 oleh pelatih saat itu Raymond Domenech saat melawan Austria dan langsung menorehkan gol.

Benzema ada di urutan lima top skorer sepanjang masa Prancis, ia masih aktif bermain namun masih terpaut jauh dari urutan pertama. Meski begitu Benzema striker yang dapat menciptakan peluang dan juga mencetak gol.

4. Michel Platini - 41 Gol

Salah satu kapten terhebat dalam sejarah sepak bola Prancis. Mantan Presiden UEFA membawa Prancis juara Piala Eropa 1984, mencetak gol krusial saat melawan Spanyol di final. Michel Platini pensiun pada 1987.

Kala pensiun dari Prancis, pemenang satu Ballon d'Or itu menorehkan 41 gol dari 72 laga bersama Prancis. Legenda Juventus itu uniknya pernah kembali main pada 1988, membela Kuwait atas permintaan Presiden Kuwait.

Catatan golnya itu cukup impresif mengingat Platini berposisi sebagai gelandang. Pada masanya, Platini memang gelandang serang yang produktif dan elegan dalam permainannya.

3. Antoine Griezmann - 42 Gol

Berusia 31 tahun dan sudah memenangi titel Piala Dunia pada 2018 silam. Performa Antoine Griezmann tak selamanya bagus di level klub, meski begitu Didier Deschamps tetap memercayainya dan membawanya ke Prancis.

42 gol dari 109 caps sudah dicatatkan penyerang Atletico Madrid tersebut. Griezmann dapat bermain sebagai penyerang sayap, penyerang kedua, hingga penyerang tengah. Kemampuan serba bisanya itu menjadi nilai plus bagi Prancis.

2. Olivier Giroud - 49 Gol

Nama yang berpotensi jadi top skorer sepanjang masa Prancis. Olivier Giroud baru menambah pundi-pundi golnya ketika Prancis menang 2-0 atas Austria di UEFA Nations League. Satu gol Giroud menambah catatannya jadi 49 gol dari 113 caps.

Peluang penyerang berusia 35 tahun jadi top skorer sepanjang masa Prancis terbuka, sebab ia tipikal striker yang oportunis saat rekan setimnya memberi umpan. Saat ini Giroud bermain untuk AC Milan setelah sebelumnya memperkuat Arsenal dan Chelsea.

1. Thierry Henry - 51 Gol

Nama yang satu ini sudah pensiun dan tinggal masalah waktu sebelum Giroud melaluinya. Legenda Arsenal dan Barcelona punya catatan 51 gol dari 123 caps bersama Prancis saat membela tim pada medio 1997-2010.

Dalam kariernya, Thierry Henry selalu diingat sebagai penyerang jenius dengan kualitasnya mendribel bola, visi bermain bagus, dan punya penyelesaian akhir yang bagus. Henry saat ini jadi asisten pelatih di Belgia dan juga pandit sepak bola.