BolaSkor.com - Manchester City sukses menjadi juara Piala FA setelah melibas Watford 6-0 di Stadion Wembley, Sabtu (18/5). City sukses meraih treble alias tiga gelar domestik setelah sebelumnya mereka menjadi kampiun Piala Liga dan Premier League.

City merupakan klub Inggris pertama dalam sejarah yang berhasil meraih treble domestik. Sukses Man City ini juga berdampak pada agenda dan distribusi jatah wakil Inggris di Eropa.

Sebagai rutinitas, kompetisi di Inggris diawali laga Community Shield, yang mempertemukan juara Premier League kontra kampiun Piala FA. Namun, karena yang menjadi juara Piala FA dan Premier League adalah klub yang sama, Man City, maka Community Shield nanti akan berbeda.

Baca Juga:

Vincent Kompany Akhiri Dedikasi 11 Tahun Bersama Manchester City

Menilik Perbandingan Skuat Treble Manchester City 2019 dengan Manchester United 1999

Manchester City 6-0 Watford: Sejarah Tercipta, The Citizens Sapu Bersih Titel Domestik

Man City

Man City akan datang ke Community Shield dengan status sebagai juara Piala FA. Sedangkan wakil Premier League jatuh kepada runner-up, yaitu Liverpool.

Pada 2018 lalu, City memenangi Community Shield setelah mengalahkan Chelsea 2-0 berkat dua gol Sergio Aguero.

Sedangkan Liverpool terakhir kali tampil di Community Shield pada 2006 silam. Kala itu mereka menundukkan Chelsea 2-1 pada laga yang digelar di Cardiff.

Keberhasilan Manchester City menjuarai Piala FA juga membuat satu tiket ke Liga Europa musim depan beralih tangan. Semula tiket menjadi hak sang juara Piala FA.

Namun, karena City sudah mendapat tempat di Liga Champions, maka tiket Liga Europa beralih ke tangan Wolverhampton Wanderers, yang musim ini ada di urutan ketujuh Premier League.

Bagi Wolves capaian itu cukup menawan karena mereka baru semusim ada di Premier League alias tim promosi.

Dengan demikian, saat ini Inggris diwakili empat tim ke Liga Champions yakni Manchester City, Liverpool, Chelsea dan Tottenham Hotspur. Sedangkan Liga Europa diwakili Arsenal, Manchester United dan Wolverhampton.

Kendati demikian, Arsenal bisa melompat ke Liga Champions jika berhasil menjuarai Liga Europa musim ini, di mana mereka akan meladeni Chelsea di partai final di Baku, Azerbaijan, pada Kamis (30/5) dini hari WIB.