BolaSkor.com - Penggila sepak bola akan disajikan dua laga El Clasico secara beruntun. Dimulai saat Real Madrid menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (28/2) dini hari WIB, dilanjutkan pada laga LaLiga, Minggu (3/3) dini hari. Kedua laga akan berlangsung di markas Real Madrid, Estadio Santiago Bernabeu.

Laga El Clasico selalu menarik dan menjadi duel yang ditunggu. Kentalnya tradisi dan rivalitas kedua kubu acap melahirkan cerita yang menarik. Tidak terkecuali kisah yang terkait dengan wasit yang memimpin laga.

Baca Juga:

Vinicius Junior: Real Madrid Tidak Takut Lionel Messi

Psywar Vinicius kepada Lionel Messi Jelang Dua Clasico Beruntun

Untuk EL Clasico LaLiga kali ini, Alejandro Jose Hernandez Hernandez terpilih sebagai juru pengadil laga. Hernandez Hernandez sendiri bukan nama yang asing untuk laga El Clasico. Bahkan, dia pernah menjadi sorotan karena kepemimpinannya.

Musim lalu, sang wasit sempat mengundang kontroversi karena dinilai keputusannya lebih menuntungkan Barcelona yang kala itu menjadi tuan rumah. Saat itu laga berakhir imbang 2-2.

Hernandez Hernandez pertama kali memimpin El Clasico pada 2 April 2016. Saat itupun dia sudah menjadi soroton. Pada pertandingan yang berlangsung di Camp Nou tersebut, Madrid berhasil membawa pulang tiga poin lewat kemenangan 2-1, setelah tertinggal terlebih dulu.

Meski menang, kubu Madrid merasa wasit berat sebelah. Sang pengadil dihujani kritik karena memberi kartu merah kepada Sergio Ramos dan menganulir gol Gareth Bale, yang memang terlihat sah.

Pada 23 April 2017, Hernandez Hernandez kembali ditugaskan memimpin El Clasico. Kali ini, pada laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu, giliran Barca yang mencuri kemenangan lewat skor 3-2. Pada laga ini, sang wasit juga mengusir Sergio Ramos.

Sedangkan musim lalu, Hernandez Hernandez membuat kontroversi di Camp Nou. Dimulai dengan kartu merah kepada Sergi Roberto akibat memukul Marcelo.

Kemudian sang wasit mengesahkan gol Lionel Messi setelah sebelumnya Luis Suarez terlihat menjatuhkan Raphael Varane. Belakangan terungkap, wasit keempat sebenarnya sudah memberi informasi kepada Hernandez bahwa ada pelanggaran oleh Suarez, tetapi sang wasit bersikukuh dengan keputusannya.

Masih dalam laga yang sama, sang wasit menolak memberi penalti kepada Madrid meski Jordi Alba menjatuhkan Marcelo di kotak terlarang. Hernandez Hernandez mengeluarkan total delapan kartu kuning, lima untuk Madrid dan tiga untuk Barca.

Lalu bagaimana dengan wasit untuk laga leg kedua semifinal Copa del Rey? Untuk pertarungan ini wasit yang akan bertugas adalah Jose Maria Sanchez Martinez.

Dia menjadi wasit ketika Barcelona melibar Madrid 5-1 pada putaran pertama LaLiga musim ini di Camp Nou. Dalam laga ini, Sanchez Martinez tak ketinggalan membuat kontroversi ketika memberikan penalti kepada Barca.

Semula sang wasit membiarkan permainan berlanjut setelah Raphael Varane menjatuhkan Luis Suarez di kotak penalti. Namun, dia memutuskan untuk melihat VAR dan berubah pikiran dengan memberikan hadiah penalti untuk Barca, yang kemudian sukses dieksekusi oleh Suarez pada menit ke-30, yang membuat Barca unggul 2-0.

Yang membuat cerita semakin menarik adalah petugas yang bertanggung jawab pada VAR pada laga itu adalah Hernandez Hernandez. Kebetulan?