Deretan Fakta Menarik Jelang Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Vs Thailand

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 29 Desember 2021
Deretan Fakta Menarik Jelang Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Vs Thailand
Starting XI Timnas Indonesia di semifinal kedua Piala AFF 2020. (AFF Suzuki Cup)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia dan Thailand akan berjumpa di final Piala AFF 2020. Pertemuan akan berlangsung dua kali pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1).

Skuat Garuda melenggang ke final setelah menghentikan perjuangan Singapura. Pada leg pertama semifinal, Indonesia bermain 1-1 sebelum mengalahkan The Lions 4-2 via babak tambahan.

Adapun War Elephants membungkam sang juara bertahan Vietnam. Dalam pertemuan pertama di semifinal, Thailand menang 2-0 sebelum bermain 0-0 di leg kedua.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gagal Juara dalam Lima Kesempatan, Pelatih Thailand Beri Tanggapan

Sadar Dukungan Besar untuk Timnas Indonesia, Egy Janjikan Upaya hingga 'Mati-matian'

Sejumlah fakta menarik coba dirangkum BolaSkor jelang pertemuan kedua tim. Apa saja?

1. Ini menjadi pertemuan keempat di final Piala AFF. Thailand dan Indonesia juga bertemu di final Piala AFF edisi 2000, 2002, dan 2016.

2. Bagi Thailand, ini menjadi final kesembilan. Adapun bagi Indonesia merupakan final keenam.

3. Thailand sudah lima kali menjadi juara dalam delapan kesempatan tampil di final. Sedangkan Indonesia selalu menjadi runner-up di lima kesempatan tampil di final.

4. Tiga gelar diperoleh Thailand setelah mengalahkan Timnas Indonesia pada edisi 2000, 2002, dan 2016.

5. Secara keseluruhan, Thailand dan Indonesia sudah bertemu 12 kali di Piala AFF. Thailand unggul dengan 9 kemenangan, sementara Timnas Indonesia mencatatkan tiga kemenangan.

6. Indonesia dan Thailand sama-sama kehilangan satu pemain karena akumulasi kartu kuning, masing-masing Pratama Arhan dan Theerathon Bunmathan.

7. Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama tidak bisa mengibarkan bendera di Piala AFF 2020. Hal ini karena sanksi Lembaga Anti Doping Dunia (WADA). Sepanjang turnamen, Timnas Indonesia menggunakan lambang negara Garuda Pancasila, sementara Thailand memakai logo Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) yang sama-sama melekat di jersey.

8. Tujuh pemain Thailand sudah mencetak gol yakni Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, Elias Dolah, Pathompol Charoenrattanapirom, Supachai Chaided, Worachit Kanitsribampen. Sementara di kubu Indonesia terdapat 10 pemain yang sudah menggetarkan gawang lawan, yakni Irfan Jaya, Evan Dimas, Ezra Walian, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Ramai Rumakiek

9. Teerasil Dangda dan Irfan Jaya sementara masih menjadi top skorer bagi Thailand dan Indonesia masing-masing dengan empat dan tiga gol.

10. Timnas Indonesia melangkah ke final dengan catatan memasukkan 18 kali dan kemasukan tujuh kali. Sedangkan Thailand memasukkan 12 kali dan kemasukan satu kali.

Timnas Indonesia Thailand Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan