Dinanti Sanksi, Hamilton Menolak Lepas Perhiasan

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 17 April 2022
Dinanti Sanksi, Hamilton Menolak Lepas Perhiasan

BolaSkor.com - Peraturan larangan penggunaan perhiasan yang diberlakukan FIA di Formula 1 mendapat kritikan tajam dari Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes itu keberatan dengan peraturan aneh yang dikeluarkan FIA.

Baru-baru ini, FIA mempertegas peraturan larangan penggunaaan perhiasan. Terbukti saat briefing sebelum Grand Prix Australia, Minggu (10/4) lalu, Race Director FIA, Niels Wittch sempat menyinggung peraturan tersebut.

Saat itu Niels mengimbau kepada seluruh pembalap untuk melepas segala perhiasan yang menempel di tubuh mereka. Niels bahkan dengan tegas akan memberikan sanksi bagi pembalap yang melanggar peraturan tersebut.

Namun, himbauan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Hamilton. Peraih tujuh kali gelar juara itu memutuskan untuk tetap memakai perhiasan selama menjalani balapan.

Baca Juga:

Era Baru F1 Dimulai dari Red Bull dan Max Verstappen

Max Verstappen Bersiap Uji Kemampuan di 24 Hours Le Mans

“Saya tidak memiliki rencana untuk melepasnya. Saya merasa barang ini bersifat pribadi. Kamu harusnya bisa menjadi diri sendiri. Ada beberapa perhiasan yang tidak bisa saya lepas. Saya benar-benar tidak bisa melepas perhiasan ini (anting di telinga kanan),” jelas Hamilton, dikutip dari crash.net.

“Perhiasan ini di las, jadi agar bisa dicopot harus dipotong terlebih dahulu. Jadi perhiasan ini akan tetap (dipakai),” sambungnya.

Peraturan larangan penggunaan perhiasan sebenarnya bukanlah barang baru di dunia Formula 1. Tercatat FIA sudah mengaturnya sejak musim 2005 silam.

Peraturan ini dibuat dengan maksud mempermudah proses evakuasi ketika pembalap mengalami kecelakaan. Namun karena tidak adanya ketegasan, larangan tersebut seolah seperti angin lalu.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News F1 Lewis hamilton
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan