Dituduh Jadi Kambing Hitam, Pirelli Beri Pembelaan

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 07 Juni 2021
Dituduh Jadi Kambing Hitam, Pirelli Beri Pembelaan

BolaSkor.com - Pirelli menduga awal penyebab pecahnya ban Lance Stroll dan Max Verstappen adalah serpihan mobil. Pada lap ke-30, Stroll mengalami pecah ban ketika melaju di lintasan lurus utama sehingga mobilnya kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas.

Dua kecelakaan terjadi saat mobil melesat kencang terjadi di trek lurus Baku City Circuit saat berlangsungnya GP Azerbaijan, Minggu (6/6).

Akibatnya, kecelakaan terjadi dekat pit entry. Aston Martin AMR21 milik Stroll melintir dan menghantam dinding pembatas. Safety car pun masuk lintasan dan lomba dihentikan cukup lama.

Insiden kedua yang terjadi pada Max Versteppen terlihat lebih menyakitkan. Terlihat ia memimpin balapan saat itu, namun tiba-tiba ban kirinya pecah sehingga mobil Verstappen menghantam dinding pembatas.

Baca Juga:

Fernando Alonso Memulai dari Nol Lagi di F1 GP Prancis

Kemenangan Max Verstappen di GP Monaco Beraroma Indonesia

Meski demikian, kepala F1 dan balap mobil, Pirelli Mario Isola menyatakan bahwa keausan ban bukan menjadi penyebab utama kecelakaan tersebut.

"Saya tidak ingin memberi kesimpulan awal. Tetapi, sepertinya ada robekan karena serpihan, karena seperti yang saya bilang, ini bukanlah ban yang paling tertekan," ujar Isola dikutip dari laman resmi Formula 1.

Isola juga menduga Verstappen kecelakaan akibat melintas serpihan mobil Stroll yang tercecer di lintasan, membanding dengan kegagalan ban Valterri Bottas setelah melindas serpihan ketika memimpin GP Azerbaijan 2018.

"Kami menemukan sobekan di bahu dalam ban kiri belakang yang digunakan Lewis Hamilton untuk stint yang sama dengan Verstappen. Potongan tersebut cukup dalam dan besar, mungkin sekitar 6-7cm, tetapi tidak memotong konstruksi, jadi ban tersebut masih utuh," jelasnya.

Saat ini, Pirelli mengirim ban yang bermasalah ke laboratorium mereka di Milan, Italia untuk investigasi menyeluruh.


Penulis: Alexander Matthew

Breaking News F1 F1 2021 Max Verstappen Lance Stroll
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan